Tingkatkan Fasilitas Kesehatan, Warga Hibahkan Tanah ke Pemkab Bangun Pustu

MARTAPURA – Untuk meningkatkan sinergitas antara masyarakat Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura dan Pemkab Banjar, masyarakat Desa Murung Kenanga menghibahkan lahan ke Pemkab Banjar yang dilakukan secara simbolis, Senin (19/02) di Aula Barakat Martapura.

Lahan yang dihibahkan tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (PUSTU).

Perwakilan Warga Desa Murung Kenanga Khairudin kepada koranbanjar.net mengatakan, hal ini bermula ketika kondisi PUSTU di desanya sudah tidak layak pakai, setelah dirembukan dengan warga pada Januari 2018 kemarin, warga sepakat untuk menghibahkan tanah ke Pemkab untuk pembangunan Pustu.

“Hasil rembuk warga yang dilaksanakan Januari tadi, kondisi Pustu di sana sangat tidak layak, dan tanahnya pun masih bersatus pinjaman. Jadi kita sepakat untuk membeli tanah tersebut untuk dihibahkan ke Pemda. Kita beli tanah dua kavling, satu untuk Pustu dan satu untuk Kantor Desa dengan total biaya Rp135 juta,” ujarnya

Hal ini membuktikan kesungguhan warga Murung Kenanga untuk mewujudkan Desa Murung Kenanga sehat tahun 2021.

“Ini kesungguhan warga untuk menginginkan sesuatu yang baik, jadi kita juga berikan hal yang baik, yaitu dengan menghibahkan lahan, di mana lahan itu dibeli dari hasil swadaya masyarakat,” ungkap Khairudin

Dengan adanya hibah tanah ini, warga menginginkan Pemerintah Kabupaten Banjar bisa merealisasikan pembangunan Pustu.

“Kita sharing pembangunan dengan pemerintah, kita kasih lahan, pihak Pemda yang isi pembangunannya. Sinergitas masyarakat menyatu dengan pemerintah” pungkasnya.(sai)