oleh

Tim Kirab Negeri Tiba di Kabupaten Banjar, Ini Misinya

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Tim Kirab Satu Negeri zona Nunukan sudah berada di Kota Martapura. Tim kirab langsung disambut Bupati Banjar H Khalilurrahman di Pandopo Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin (24/09/2018) pagi.

Bupati didampingi Sekda Banjar Nasrunsyah, Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Rakmad Dhani, Ketua PW Ansor Kalsel Teddy Suryana, Ketua PC Ansor Kabupaten Banjar Ahyar Rahmatullah.

Diketahui Tim Kirab Satu Negeri yang membawa Bendera Merah Putih berkeliling seluruh wilayah Indonesia serentak bertolak dari lima titik pada Minggu 16 September 2018, nanti akan berakhir di Jokjakarta pada 26 Oktober mendatang yang disambut langsung Presiden Republik Indonesia.

Zona Nunukan ini  memasuki wilayah  Kalimantan Selatan Sabtu 22 September 2018 sekitar jam 12.00 wita, di Gunung Halat Kabupaten Tabalong, diteruskan perjalanan ke Kabupaten Hulu Sungai Utara dan sekarang berada di Kabupaten Banjar, kemudian  diteruskan ke Kalimantan Tengah.

Semenatara Bupati Banjar H Khalilurrahman sangat mengapresiasi kegiatan Kirab Satu Negeri yang dipersembahkan PP GP Anshor Zona Nunukan, kegiatan ini mempunyai nilai penting dan memiliki arti positif, karena tujuannya sangat jelas yaitu menjaga keutuhan NKRI dan merawat kebhinekaan.

“Saat ini, seperti kita ketahui negara kita Indonesia dihadapkan dengan berbagai macam kejadian seperti radikalisme, terorisme, intoleransi, (apalagi masuk tahun politik, ujaran kebencian di berbagai media sosial pada umumnya). Di tengah maraknya berbagai kejadian yang muncul, agama menjadi hal yang sangat sering diperselisihkan dan sangat sensitif untuk dibicarakan. Maka dari itu, saya meyakini GP Anshor dan Banser NU dapat melaksanakan tugas yaitu menjaga keutuhan NKRI dan menjaga para ulama kita, serta mewujudkan harmonisasi pemahaman masyarakat tentang hubungan Negara dan agama dilihat dari perspektif UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” katanya.

Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu berharap, semoga inisiatif yang dipersembahkan PP GP Anshor Zona Nunukan ini, dapat menjadi inspirasi bagi organisasi pemuda lainnya, khususnya di Kabupaten Banjar sendiri.

“Melalui Kirab Satu Negeri bersama GP Anshor mari kita kokohkan dan gelorakan eksistensi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 sebagai wujud tanggung jawab kepada para pejuang, tokoh kiai atau ulama pendahulu yang berjuang merebut kemerdekaan, serta melakukan tugas sosial dan kemanusiaan terhadap masyarakat.”tutupnya.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: