Baznas

Tidak Ada Bantuan APBD untuk Beli Ambulan, Warga Turun ke Jalan Galang Dana

  • Bagikan
Penggalangan dana masyarakat di Kabupaten HST. (foto: ramli)
Penggalangan dana masyarakat di Kabupaten HST. (foto: ramli)

Masyarakat Desa Bakapas, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ingin sekali mempunyai armada ambulan untuk kebutuhan di wilayah desa mereka.

BARABAI, koranbanjar.net – Tak ada biaya dari APBD untuk keperluan membelia ambulan, membuat warga desa setempat turun ke jalan untuk melakukan penggalangan dana agar supaya bisa membeli satu unit ambulan.

Bahkan anggaran desa pun tidak ada, namun warga melaksanakan aksi didukung aparat desa setempat, walaupun dengan penggalangan dana ke desa tetangga.

BACA:  Nelayan Pulau Laut Sebuku Gelar Tradisi Pesta Laut

Ketua Panitia Kegiatan Penggalangan Dana, Husni Thamberin (40) kepada koranbanjar.net, Selasa (3/8/2021) mengungkapkan, kegiatan ini didasari karena adanya permintaan dari masyarakat untuk secepatnya dapat membeli unit ambulan yang sejak dulu masyarakat idamkan.

Jika sudah terbeli, walaupun ambulan itu punya Desa Bakapas, namun warga setempat juga bisa melayani masyarakat desa tetangga seperti Ayuang, Babai dan Banua Jingah jika diperlukan.

Kegiatan yang sudah berlangsung lebih dari satu bulan itu setiap hari melibatkan 10 hingga 15 orang, masing-masing RT dapat giliran 2 hari.

BACA:  Kebakaran di Kalsel, Satu Rumah di Bumi Murakata Ludes Dilahap Api

Tempat yang strategis dan juga merupakan jalur provinsi dipilih untuk melakukan kegiatan penggalangan dana, walaupun desa tersebut bukan desa sendiri, melainkan desa tetangga, Banua Jingah.

Jalan tol atau jalan lingkar Simpang Empat Banua Jingah dipilih ,juga karena itu hasil musyawarah warga Desa Bakapas.

Disinggung hasil penggalangan dana perhari, Husni mengungkapkan, setiap hari alhamdulillah mendapat Rp1 juta yang dilakukan dari pagi hingga sore hari, kata Ketua RT 06 Bakapas ini.

BACA:  Siap-siap, HUT ke 76 TNI, Kodim 1002-HST Gelar Lomba Fotografi

“Harapan kami jagalah kegotongroyongan ini dengan baik di desa Bakapas pada khususnya, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Jangan sampai terpecah belah, mudahan apa yang kita cita-citakan terwujud, berusaha dan berdo’a tetap kita lakukan, dan tidak lupa saya mengucapkan terimakasih juga kepada masyarakat yang mau memberikan sedikit dananya ketika kami melakukan kegiatan penggalangan dana,” tutupnya. (mj-041/sir)

 

(Visited 3 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *