oleh

Terapkan PHBS, Pembakal Diminta Anggarkan Jamban Sehat di 2020

GAMBUT, KORANBANJAR.NET – Desa-desa di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar diharapkan memasukkan anggaran pembangunan jamban sehat pada APBDes masing-masing di tahun 2020, guna menunjang masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Harapan tersebut mengemuka dalam kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor yang dilaksanakan di Aula Kecanatan Gambut, Jumat pekan tadi.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Gambut, Sugeng Riyadi, perlu adanya sinergi antar instansi pemerintah termasuk pemerintahan desa agar bisa menumbuhkan sikap dan kesedaran masyarakat melakukan PHBS yang baik.

“Antara lain pengadaan jamban sehat yang bersenergi dengan Danramil 1006-08 Gambut dan para pambakal untuk bisa dianggarkan pada dana desa masing-masing,” harapnya.

Ditambahkannya, Puskesmas Gambut punya program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Program ini memberikan pemicuan, motivasi, percontohan kepada masyarakat.

“Pambakal diharapkan bisa memfasilitasi kegiatan ini dengan penganggaran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (dra)

Komentar

Berita Terkini