Tepis Isu Aparatur Tak Netral Kesbangpol Kotabaru Gelar Rapat Tiga Pilar

Rapat Tiga Pilar Netralital PNS (ASN), TNI, Polri dan Kepala Desa se-Kabupaten Kotabaru digelar Badan Kesbangpol setempat untuk menepis isu ketidak netralan aparatur negara pada Pemilu serentak 17 April mendatang (foto: icah/koranbanjar.net)

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Menepis isu aparatur negara tidak netral pada Pemilu serentak 19 April mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru menggelar Rapat Tiga Pilar Netralital PNS (ASN), TNI, Polri dan Kepala Desa se-Kabupaten Kotabaru, di Gedung Paris Berantai, Kotabaru,  Kamis (11/4).

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kotabaru, Adi Sutomo, mengatakan, Rapat Tiga Pilar dilaksanakan dalam rangka penegasan terhadap netralitas aparatur negara dalam menghadapi Pemilu serentak.

“Melalui kegiatan ini, salah satunya untuk menepis isu-isu di masyarakat maupun yang beredar di media sosial bahwa pada Pemilu kali ini banyak aparat yang tidak netral,” katanya.

Isu yang beredar tersebut, ujarnya, sama sekali tidak benar karena netralitas aparatur negara diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Karena itulah, hari ini kami laksanakan forum silaturahmi dengan mengundang pihak-pihak terkait seperti Kapolsek, Koramil, Camat, Kepala desa, Kepala SKPD dan Vertikal Perbankan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam Rapat Tiga Pilar tersebut pihaknya menyatakan sikap dan berikrar untuk menjaga netralitas yang disaksikan KPU, Bawaslu serta perwakilan dari Partai Politik di Kotabaru.

“Artinya, kami sudah netral terhadap dukungan, baik kepada calon legislatif maupun pasangan calon presiden,” tambahnya.

Apabila ada temuan dilapangan, Kesbangpol setempat siap menerima dan melanjutkan laporan dengan ketentuan data yang disampaikan lengkap.

Selain itu, Kesbangpol juga siap bila pihak Bawaslu minta dukungan untuk menindak ASN atau aparat lainnya yang ternyata tidak netral.

Rapat Tiga Pilar itu sendiri dihadiri Asisten 1 Sekda Kotabaru, Hasbi M Tawab, Wakapolres Kotabaru, Kompol Arif Prasetya, Kasdim 1004 Kotabaru, Mayor Inf Samsul Khusairi, Lanal Kotabaru, Kapten (PM) Wartono, Ketua Bawaslu Kotabaru, Muhammad Erfan, Ketua KPUD Kotabaru, Zainal Abadin, para Kepala SKPD, Camat serta Kepala Desa. (cah/ndi)

Rusmanadi

Read Previous

Di Sektor Pariwisata, Kotabaru Fokus Maksimalkan Tiga Destinasi Ini

Read Next

Budaya MONEY POLITIC Kapan Berakhir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *