Tanah Laut Hujan Batu Es

TAK LAZIM – Hujan berbentuk batu es dialami warga Pabahan Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut pada Sabtu (13/04/2019).

TANAHLAUT, KORANBANJAR.NET – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Desa Atilam kelurahan Pabanahan Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalsel Sabtu, (13/04/2019) sore, sekira pukul 13.30 Wita.

Namun hujan kali ini menggegerkan warga di daerah tersebut karena ada yang tak seperti biasanya, kali ini benar berbeda, hujan tidak hanya berupa air, melainkan berbentuk seperti batu es.

Melalui konfirmasi via telpon kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wahyudin membenarkan adanya kejadian tersebut.

“jadi memang benar adanya hujan disertai batu es, terjadi di Pabahan Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut Kalsel, es jatuh seperti kelereng,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui via telpon.

Dia juga menambahkan bahwa kerugian dalam tragedi dipastikan tidak ada, dan juga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa langka itu.

“Untuk kerugian hampir tidak ada, dan saat sekarang tidak ada informasi korban jiwa,” jelasnya.

Dia menambahkan, adapun hujan es ini terjadi saat ia mencoba searching google, dijelaskan isinya dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, ialah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es.

“Jadi yang saya buka tadi isinya seperti ini, salah satu proses pembentukannya ialah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan diatas level beku. Hujan es terjadi dengan proses ini, biasanya berukuran besar seukuran kelereng,” tutupnya.(ags/sir)

Denny Setiawan

Read Previous

Bawaslu Banjar Imbau Semua Pihak Jaga Ketertiban Masa Tenang Pemilu

Read Next

Relawan Tagana dan PKH dapat Pesan Gubernur Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *