oleh

Tahura Sultan Adam Siapkan Wahana Baru, Ini Lho Wahananya…

MARTAPURA, KORANBANJAR. NET – UPT Taman Hutan Raya Sultan Adam Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan di Mandiangin, Kecamatan Karang Intan, kini semakin berbenah. Salah satunya, UPT Tahura Sultan Adam sedang mempersiapkan penambahan wahana baru untuk pengunjung, berupa taman Kelinci yang akan diresmikan awal Januari 2019. , Minggu (8/4) nanti.

Menurut Kepala UPT Tahura, Sri Wuriyati, melalui Kasi BTU Tahura Sultan Adam, Lilis Nurhayati S. Hut, kepada koranbanjar.net, Minggu (8/4) tadi, . peroses pembangunan wahana sudah mencapai 75%, bahkan kini tinggal memasang pagar dari kawat dan juga penanaman rumput.

“Jadi penanaman rumput ini yang memakan waktu sedikit lama, namun untuk rumah Kelinci ada sebanyak 20 rumah, serta disertai tempat bermain skearang sudah rampung,” tutur Lilis.

Selain itu, rumah-rumah kelinci itu dibuat sedemikian rupa untuk menarik pengunjung yang datang ke Tahura Sultan Adam.

Lilis mengungkapkan, pihak UPT Tahura juga sudah memikirkan dengan matang tentang penempatan hewan kelinci di Tahura Sultan Adam. “Jadi kami membuatkan satu kandang lagi untuk ternak, karena bayi hewan kelinci ini sangat rentan dengan pemangsa seperti kucing dan juga semut pemangsa,” ungkap Lilis.

Selain itu pihak UPT Tahura harus melakukan penanganan yang ekstra untuk satwa yang satu ini, pasalnya hewan kelinci sangat rentan dan juga mudah dimangsa hewan lain.

“Mungkin nanti kami akan menambahkan petugas untuk menjaga dan mengurus hewan kelinci tersebut,” ujarnya.

Selain itu Lilis juga mengungkapkan jika hewan kelinci tersebut akan ditaruh di kandang, jika ada pengunjung yang mau melihat dan bermain dengan hewan kelinci tersebut baru pihaknya menaruh ke tempat bermain.

“Karena jika kita taruh di sana juga, kelinci-kelinci itu pasti akann berak dan pipis di sana, apalagi pipis kelinci itu pesingnya sama dengan pipis kambing, hal tersebut akan membuat pengunjung menjadi tidak nyaman,” ucapnya.

Selain itu, Lilis juga mengatakan jika para pengunjung juga bisa memberi makan kelinci-kelinci dengan membeli dari pihak Tahura, berupa kangkung dan juga sayur-sayur lain.

“Jadi nantikami juga akan melakukan penanaman benih sayuran seperti wortel, kangkung, bayam dan yang lainnnya, hal tersebut juga berguna untuk menambah pemasukan di Tahura, selain itu juga untuk memanfaatkan lahan kita yang kosong,” tutupnya.

Bagi anda yang ingin menikmati Wahana Taman kelinci harus bersabar, dan akan merogoh kocek yang tidak terlalu dalam.(sen/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: