oleh

Tahun Depan, Kontes Durian Akan Dihadirkan Tamu Dan Juri Internasional

BANJABARU, koranbanjar.net – Suksesnya dengan kontes durian, Pemprov Kalsel ditahun mendatang akan menghadirkan juri Internasional untuk menilai hasil durian Kalsel, Sabtu (18/1/2020) siang.

“Kita akan coba tandingkan dari segi tekstur, warna, dan rasa. Alasan tahun depan, ingin mengambil juri dari internasional karena selama ini mengklaim durian mereka bagus,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, saat ditemui, Sabtu (18/1/2020) siang, di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Tetapi hal itu ditampik. Menurutnya, dari beberapa segi, durian Kalsel memiliki keunggulan dibandingkan durian Thailand dan Vietnam.

“Durian mereka dari segi tebalnya saja, sedangkan dari segi aroma mereka kalah dengan kita,” ceritanya.

“Hari ini dihadiri Kalteng dan Kaltim. Tahun depan, kita akan menghadirkan provinsi lain. Bahkan kalau bisa, mengundang negara lain seperti Thailand dan Vietnam,” sambungnya.

Informasi dihimpun, sebanyak 32 jenis durian disuguhkan. Bahkan khusus pemenang juara 1, nantinya akan disediakan beberapa hektar untuk ditanam durian.

“Semua durian yang disuguhkan, merupakan pemenang dari tiap kabupaten. Kalsel patut berbangga, karena hampir semua kabupaten kotanya menghasilkan durian,” pungkasnya. (ykw/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: