Baznas

Sumbangan Belum Capai Rp825 Juta, Komite SMAN 1 Martapura Minta Tambahan ke Orang Tua Siswa

  • Bagikan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Beredarnya surat dari Komite SMAN 1 Martapura yang berisi permintaan sumbangan secara sukarela oleh pihak komite sekolah ke-para orang tua murid, sepertinya menuai kontraversi.

Dalam surat edaran dari Komite SMAN 1 Martapura itu disebutkan bawah pihak Komite SMAN 1 Martapura sedang berupaya menghimpun dana sumbangan dengan target Rp825,000,000. Namun hingga minggu ketiga pada bulan Maret 2018, dana yang terkumpul baru mencapai Rp241.298.000.

Untuk itu, sebut surat tersebut, pihak komite mengingatkan tentang target capaian sumbangan, kepada para orang tua murid. Para orang tua murid diminta untuk menambah sumbangan sukarela. Dalam isi surat itu tertulis, “Sampai minggu ketiga bulan Maret 2-018, realisasi pendapatan baru  Rp241.298.000. Untuk itu kami mengimbau orang tua kelas XII yang belum membantu bisa membantu sumbangan sukarela, bagi yang sudah membantu kiranya bisa menambah bantuannya. Mengingat banyak program sekolah yang tidak bisa terlaksana.”

Berkaitan dengan surat edaran tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Martapura, Tupan M.Pd mengatakan, tidak ada paksaan dalam sumbangan sukarela yang dilakukan pihak komite sekolah. Jika ternyata wali murid tidak bisa menyumbang, tak jadi masalah. Dan hal ini juga sebelumnya sudah dilakukan rapat bersama orang tua murid.

“Tidak ada yang mewajibkan, ini ‘kan sukarela. Jika tidak bisa nyumbang juga tidak apa, dan untuk nilai yang ditargetkan itu saya tekankan itu hanya target. Jika tidak sampai target, ya mau apa lagi, dan kita sebelumnya juga sudah melakukan rapat bersama orang tua murid,” ujarnya

Dikatakan, pihak sekolah setiap tahun rutin melakukan sumbangan kepada orang tua murid, hal itu bertujuan untuk menjalankan program-program sekolah.

“Kita setiap tahun melakukan sumbangan kayak gini, dan ini untuk menjalankan program,” katanya

Sementara Sekretaris Komite Sekolah SMAN 1 Martapura Warhamni menyampaikan, tujuan diedarkannya surat itu ke-orang tua murid untuk mengingatkan lagi tentang hasil rapat pihak komite bersama orang tua murid.

“Karena ini hasil rapat bersama, jadi kita sampaikan hasil sementara di minggu ketiga, dan ini ‘kan sifatnya sementara, jadi tidak ada paksaan, dan jika ada yang mau menyumbang lagi, silakan. Dan jika ada yang tidak mampu, tidak jadi maslah kalau tak membantu. Karena ini sukarela. Saya lupa kemarin kapan pastinya kita mengadakan rapat,” ungkapnya (sai/sir/kie)

  • Bagikan