oleh

Suhu di Arab 50 Derajat Celsius, Dinkes: Jamaah Lansia Mengeluh

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, HM Muslim, mengatakan informasi cuaca terkini pada puncak siang di Arab Saudi mencapai 50 derajat celsius. Para jamaah calon haji semakin diimbau memakai pelindung kepala dan wajah.

Kepala Dinkes Kalsel, HM Muslim. (foto: yuli kusuma/koranbanjar.net)

“Kita bekali satu set alat pelindung diri seperti topi, masker wajah dan alat semprot yang bisa jadi tempat minum kepada setiap jamaah di sana. Kita juga sudah minta para jamaah untuk sesering mungkin menyemprotkan air ke wajah,” ujar Muslim kepada wartawan usai Apel Siaga Darurat Karhutla Kalsel, Selasa (30/7/2019), di halaman kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.

Petugas kesehatan jamaah haji di Arab Saudi, lanjut Muslim, juga terus menganjurkan para jamaah selalu minum air putih 100 mililiter atau satu gelas dalam setiap satu jam.

Informasi lainnya, disampaikan Muslim, ada keluhan kesehatan seperti batuk, hipertensi atau tekanan darah tinggi, hingga kelelahan yang dialami sejumlah jamaah lansia.

“Jamaah kita tahun ini lansianya lebih dari 60 persen, dan mereka 40 persennya hipertensi. Kemudian ada juga masalah jantung. Namun info sementara masih terpantau aman dan pelayanan kesehatan di sana tetap optimal,” terangnya.

Meski demikian, ditambahkan Muslim, para jamaah yang mempunyai keluhan kesehatan harus dipantau secara khusus oleh perawat maupun dokter yang bertugas. (ykw/dny)

Komentar

Berita Terkini