Sudah Juara Grup Belanda Tetap Full Team

  • Bagikan
Frank de Boer, Belanda. (afp)

Timnas Belanda tidak akan melakukan banyak perubahan untuk laga matchday terakhir Grup C Piala Eropa 2020 melawan Makedonia Utara di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (21/6/2021) malam Wita.

Demikian dikonfirmasi pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer. Kendati De Oranje sudah menyegel kelolosan ke babak 16 besar, bahkan juga sudah mengunci status juara Grup C, Belanda tetap full team.

Setelah meraih dua kemenangan dari dua laga awalnya di Grup C, banyak kalangan yang menganggap pertandingan lawan Makedonia Utara sudah tidak berarti banyak dan meramalkan Belanda akan mengistirahatkan sederet pemain pilarnya.

Akan tetapi, De Boer menyatakan bahwa dia hanya akan melakukan dua pergantian dalam starting line-up Belanda dibandingkan dua pertandingan sebelumnya, kendati tak menyebutkan secara spesifik siapa yang akan digantikan siapa.

De Boer menuntut ada peningkatan penampilan dari Belanda, yang di laga pertama Grup C membuang keunggulan dua gol lawan Ukraina meski akhirnya menang 3-2, serta tampak kurang bergairah kendati menang 2-0 atas Austria di pertandingan berikutnya.

“Semuanya bisa lebih baik. Kami harusnya bisa mengendalikan bola lebih baik melawan Austria. Di lini depan kami juga bisa lebih tajam. Hal-hal itu yang akan coba kami perbaiki,” papar De Boer seperti dimuat laman resmi Euro 2020.

De Boer menyatakan bahwa skema tiga bek tengah dan dua bek sayap yang diterapkannya sudah memberi hasil bagus di dua pertandingan pertama, dan memastikan akan tetap menggunakannya saat melawan Makedonia Utara.

“Sistemnya akan tetap sama, sebab itu menghasilkan permainan yang bagus. Tapi, kami masih bisa lebih baik lagi,” ucap mantan bek andalan Timnas Belanda itu.

“Kami punya cukup waktu untuk beristirahat sesudahnya agar bisa dalam kondisi terbaik untuk pertandingan 16 besar. Yang jelas, masa istirahat cukup panjang. Jadi, kami akan tetap menampilkan kekuatan terbaik lawan Makedonia,” tegasnya.

Belanda sudah lolos sebagai juara Grup C dan di babak 16 besar akan menghadapi salah satu tim peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E, atau F. (suara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *