Sudah Hampir Tiga Bulan Gaji Kepala Desa Hingga Ketua RT Belum Cair

Ilustrasi.(foto: istimewa)

Pembayaran gaji Kepala Desa hingga Ketua RT di Kabupaten Hulu Sungai Tengah terhitung dari bulan Mei hingga penghujung bulan Juni ini, belum juga dicairkan, artinya sudah hampir tiga bulan gajinya tertunda.

HULUSUNGAITENGAH, koranbanjar.net – Dana desa tahap kedua tahun 2022 yang dialokasikan untuk operasional kantor Desa dan juga perangkat desa hingga ke jajaran Ketua RT, ternyata belum dicairkan hingga Rabu (22/6/2022).

Rupanya hal tersebut dikarenakan pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah mensyaratkan untuk pencairan dana desa, ialah pencapaian vaksinasi covid 19 dosis kedua, disetiap desa harus mencapai 80%.

Ketua RT di Desa Banua Binjai, Muhammad Ramli, kepada koranbanjar.net membenarkan hal tersebut.

“Hingga hari ini tanggal 22 juni 2022 gaji kami sebagai ketua RT belum bisa dicairkan,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, kondisi tersebut lantaran capaian vaksin yang tidak memenuhi target.

“Menurut sumber yang kami terima, penyebab nya ialah persentasi Vaksinasi covid 19 di setiap desa harus 80%,” ujarnya.

Namun jika mengacu pada peraturan Bupati Hulu Sungai Tengah No 7 Tahun 2022, penundaan penyaluran dana desa kalau capaian vaksin disetiap desa sudah 70%, dari jumlah warga desa tersebut.

“Berdasarkan peraturan penundaan penyaluran dana desa jika cavaian 70% dari jumlah penduduk di desa itu,” ungkapnya.

Tidak banyak yang mengetahui tentang capaian vaksinasi harus mencapai 80%, padahal sebelumnya dalam peraturan Bupati juga menyebutkan hanya sampai 70% saja.

Tidak hanya Kades, aparat desa hingga jajaran RT yang merasakan akibat persyaratan vaksinasi harus mencapai 80%, namun warga pun bertanya-tanya tentang kupon undian yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, usai warga menerima vaksin baik itu dosis satu, dua bahkan tiga, kapan untuk diundi.

Padahal disaat mendapatkan Vaksinasi warga diberikan kupon undian, dan dijanjikan kupon tersebut diundi disaat capaian vaksinasi sudah mencapai 70%.

Bagaimana tidak berharap, hadiah utama yang dijanjikan tersebut sangatlah besar yakni ada motor yang dijanjikan pemerintah daerah.

(mdr/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.