Sudah 1 Tahun Dibangun, Pasar Cempaka tak Berfungsi

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Pembangunan Pasar Cempaka, di Kecamatan Cempaka, Kota Banjabaru sejak tahun 2017 sampai sekarang tak kunjung berfungsi maksimal. Padahal pasar itu dibangun dengan dana yang tidak sedikit. Hal itu mengundang tanda tanya dari sebagian pedagang setempat.

Berdasarkan hasil penulusuran wartawan koranbanjar.net, Pasar Cempaka dibangun sejak tahun 2017 lalu. Pantauan di lapangan, kondisi dari bangunan tersebut sudah selesai, namun tak kunjung digunakan secara maksimal.

“Soal bangunan ini tidak tahu, pastinya kapan akan digunakan? Peresmiannya saja belum,” ucap Pedagang, Solehah yang sudah lama berjualan di sana.

Selain itu, ia menambahkan, kios di lokasi pasar itu disewakan dengan harga Rp1 juta per bulan. “Dari selebaran yang kami dapat, harga sewanya Rp1 jutaan. Kalau lapak yang sekarang saya tempati ini hanya membayar Rp2.000 setiap jualan saja,” ungkapnya.

Kondisi bangunan itu juga dirasa para pedagang sangatlah sempit. Keadaan itu yang menjadi salah satu alasan pedadang untuk tidak berjualan di sana.

Terkait dengan hal itu, Lurah Cempaka Hendrawan saat ditemui mengatakan, bahwa pasar tersebut masih dalam tahap penyelesaian. “Dalam tahap penyelesaian. Untuk yang lebih tahu teknisnya, Dinas Perdagangan yang berhak menjelaskan,” ujarnya.

Sebagai Lurah Cempaka, Hendrawan juga berharap pasar tersebut cepat berfungsi. Karena, dengan selesainya pasar tersebut dapat memajukan perekonomian warga setempat.

“Bersabar mudahan pasar rapi dan bangunan yang rapi. Ini untuk masyarakat juga. Harapan nantinya, pasar itu bisa beroperasi setiap hari,” katanya.(maf/sir)