Sosialisasi dan Fasilitasi PS di RPH Tabunio

KOORDINASI - KRPH Tabunio melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi.

KOORDINASI – KRPH Tabunio melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi.

TAMBANGULANG,KORANBANJAR.NET- Kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi integrasi Perhutanan Sosial, Rehab DAS dan revolusi hijau di Desa Martadah Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan oleh KRPH Tabunio, Penyuluh Kehutanan dan Bakti Rimbawan KPH Tabalong kepada KTH Bumi Pertiwi, KTH Sido Mulyo dan KTH Mekar Sari.

Untuk ketiga KTH tersebut mereka sudah mengelola Kawasan Hutan Lindung dengan menanami karet sejak tahun 2013 sampai 2018, sejak taun 2018 sebagian areal mereka masuk dalam lokasi Rehab DAS PT. Arutmin Indonesia yang sementara sudah tertanam 50,1 ha.

Rencananya lokasi tersebut oleh vendor pelaksana akan ditanami juga dengan tanaman kayu manis yang bibitnya berasal dari Desa Emil Baru (LPHD) Kabupaten Tanah Bumbu, selanjutnya pada lokasi ke 3 KTH ini akan difasilitasi pengajuan ijin PS mereka dengan skema HKM oleh penyuluh dalam waktu dekat.

Disampaikan juga bahwa setelah mereka panen karet nanti, ada kewajiban membayar PNBP ke Negara sesuai dengan P.12 Tahun 2014. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi bahan masukan pada KTH dan warga berharap hal-hal seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, guna membimbing masyarakat serta membantu meningkatkan kesejahteraan mereka tanpa merusak hutan dan lahan. (dishutprovkalsel)

Denny Setiawan

Read Previous

Legenda Air Terjun Tumaung

Read Next

Dishut Kalsel Hadiri Sosialisasi Kebijakan SPBE

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *