oleh

SMK-PP Negeri Banjarbaru Gelar Pelatihan Opsin bagi Petani Mandastana

BANJARBARU,koranbanjar.net – SMK-PP Negeri Banjarbaru gelar pelatihan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN) bagi Petani di Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan pada Senin (16/9).

Pelatihan opsin yang digelar selama 2 hari ini, diikuti oleh 20 orang petani yang berasal dari 11 poktan. Dimana peserta akan mendapatkan materi tentang bagaimana memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan Alsintan.

Dalam sambutannya, Slamet Pramana, yang dalam hal ini mewakili kepala BPP Kecamatan Mandastana memyampaikan ucapan terimakasih atas diselenggarakannya Pelatihan Opsin di BPP Kec. Mandastana. Menurutnya hal ini dirasa sangat mendukung program serasi yang saat ini sedang dalam tahap pengolahan tanah.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini tidak hanya sekali ini tapi terus berlanjut. Dan SMK PP Negeri Banjarbaru dapat bersinergi dengan BPP Mandastana dalam hal ini,” harapnya.

Serupa dengan hal tersebut, Kasubag Tata Usaha SMK-PP Negeri BanjarbaruIsnanto Purwo Kusumo, selaku ketua panitia yang juga mewakili Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Sehingga para peserta mendapatkan ilmu yg bermanfaat dan dapat menerapkannya dalam bertani.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pelatihan kepada para petani terkait alsintan, agar penggunaan dan pemanfaatan alsintan dapat lebih dimaksimalkan,” ujarnya.

Slamet Riadi yang juga merupakan guru alsintan di SMK-PP Negeri Banjarbaru mengatakan, dalam pelatihan ini para peserta akan menerima beberapa materi. Diantaranya Teknik Mengoperasikan Traktor Roda 2 dan 4, Mesin Pompa Air, Mesin Pemanen Padi (Combine Harvaster), dan Mesin Penanam Padi (Transplanter). Selain itu, tambahnya juga ada materi Teknik Perawatan dan Perbaikan terkait Alsintan tersebut. (tm/maf)

Komentar

Berita Terkini