SMAN 1 Kandangan Gelar Festival Seni dan Budaya

Pembukaan Festival P5 SMAN 1 Kandangan, Selasa (28/5/2024). (Sumber foto: Devi/koranbanjar.net)

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa (27/5/2024).

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Acara yang digelar di SMAN Jalan Batuah Nomor 31, Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan itu, diramaikan dengan berbagai kegiatan serta pertunjukkan seni dan budaya.

Mulai dari tari masal Kuda Gipang, madihin, fashion show, penampilan musik modern, musik panting serta pameran kerajinan.

Festival mengangkat tema “Panen Raya Nusantara: Merajut Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Semangat Pancasila”.

Kepala SMAN 1 Kandangan Herniyati Handayani mengatakan, P5 memperkenalkan paradigma baru dalam pembelajaran.

Melalui kegiatan tersebut, tidak hanya mengajarkan pelajaran teori kepada anak-anak, tetapi juga praktik untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui kegiatan inilah kita akan mendidik anak-anak menjadi pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang mampu mengembangkan semua bakat dan minatnya menjadi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Herniyati mengatakan, pada tahun pelajaran 2023-2024 ini SMAN 1 Kandangan telah mengangkat 3 tema yang dicanangkan Kemendikbud dan Ristek.

Tema pertama kearifan lokal dengan mengangkat permainan tradisional, makanan tradisional, tari tradisional dan musik tradisional.

“Ini merupakan suatu langkah untuk melestarikan budaya bangsa, agar kelak nanti tidak diklaim menjadi budaya bangsa asing,” ujarnya.

Tema kedua, yakni gaya hidup berkelanjutan. SMAN 1 Kandangan mengangkat pemanfaatan daun kelapa.

Tema terakhir bhineka tunggal ika, dengan mengangkat berbagai kuliner nusantara, baju adat nusantara, tari nusantara dan lagu-lagu nusantara.

Ia berpesan kepada siswa-siswi, untuk terus semangat dalam belajar dan berkarya, dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Jadilah generasi yang berprestasi dan mampu meberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *