oleh

Siswa SMKPP Lakukan Ujian Kewirausahaan Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Diawal tahun 2019 ini, siswa kelas XII TP 2018/2019 sudah dihadapkan para ujian-ujian sebagai syarat lulus dari SMK-PP Negeri Banjarbaru. Salah satunya ialah ujian kewirausahaan atau yang dahulu bernama Praktik Kerja Agribisnis (PKA).
Ujian ini dilaksanakan pada Kamis (24/01/2019), dikhususkan bagi siswa kelas XII TP 2018/2019. Tempat ujian dilaksanakan dibeberapa tempat yang berada di SMK PP N Banjarbaru.

Melalui ujian presentasi ini, laporan siswa akan dipertanggungjawabkan, dibaca laporannya dan diuji oleh guru penguji berdasarkan laporan yang mereka buat, apakah sesuai dengan usaha dilaksanakan. Maka, siswa harus benar-benar menguasai isi dari laporan mereka buat berdasarkan apa yang mereka laksanakan.

Wakasek Bidang Manajemen Mutu yang juga Guru Mapel Kewirausahaan, Arnaning Tyas menyampaikan, ujian kewirausahaan untuk melihat bagaimana menggali pengalaman yang dialami siswa di lapangan berdasarkan pengalaman dia dalam melakukan usaha.

“Karena dalam berwirausaha itu banyak yang bisa diambil, sikap kemandirian, sikap dalam mengambil resiko dan sikap mereka berkomunikasi dengan konsumen,” tambah Arnaning Tyas.

Hal-hal yang dinilai pada ujian kewirausahaan diantaranya, keragaan laporan, isi laporan, teknik penulisan laporan, kerapian laporan, penguasaan isi laporan, wawasan orientasi pengembangan, kemampuan melihat masalah dan kemampuan mengatasi masalah.

Ujian kewirausahaan ini merupakan hasil dimata pelajaran kewirausahaan semester ganjil, yang dilaksanakan oleh para siswa dalam menjalankan usaha mandiri khususnya di bidang pertanian.

“Mata pelajaran ini berisi tentang bagaimana siswa belajar membuat proposal usaha ke sekolah dan bagaimana mereka memilih usaha yang tepat, berorientasi pada aspek ekonomi, sosial dan teknis, sehingga mereka bisa memutuskan usaha sampai proses sampai laporan usaha,” kata Arnaning Tyas.

Melalui mata pelajaran ini siswa akan dihadapkan pada kenyataan dalam menghadapi peran sebagai seorang wirausaha secara mandiri, sehingga pada nantinya siswa akan siap terjun sebagai seorang wirausaha menghadapi tantangan dunia kerja.

Selain itu, mata pelajaran kewirausahaan ini diharapkan nantinya para siswa akan semakin bersemangat berkecimpung di dunia pertanian dan bisa menjadi wirausaha bidang pertanian, sehingga program dari Kementerian Pertanian dalam meregenerasi petani dan wirausaha pertanian semakin banyak. (HumasSMKPP/ren)

Komentar

Berita Terkini