Siswa Peserta UN Bakal Dapat Uang Jutaan Rupiah

oleh -167 views
Kepala Disdikbud Kalsel Yusuf Effendi, bersiap melepas secara resmi peserta jalan santai, Daha Selatan, HSS, Minggu (31/3/2019). (foto: yat/koranbanjar.net)

DAHA SELATAN, KORANBANJAR.NET – Para siswa SMA maupun SMK seluruh kabupaten/kota di Kalsel tampaknya harus benar-benar giat belajar menghadapi ujian nasional (UN) tahun ini. Pasalnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel akan memberikan bonus uang ratusan juta rupiah bagi para siswa yang berhasil memperoleh nilai UN tertinggi.

Kepala Disdikbud Kalsel, Yusuf Effendi menjelaskan pemberian bonus prestasi tersebut diberlakukan pada seluruh SMA dan SMK setiap kabupaten/kota di Kalsel.

Untuk bisa mendapatkan uang bonus ini, siswa harus mampu meraih nilai UN setinggi mungkin, atau setidaknya nilai UN yang didapat bisa masuk dalam tiga peringkat nilai tertinggi UN se kabupaten/kota.

“Jadi masing-masing kabupaten/kota akan mendapat jatah enam bonus, tiga untuk SMA, tiga untuk SMK, dan tambahan 3 untuk SMA Banua,” ujar Yusuf saat mengikuti acara jalan santai bersama pelajar di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS, Minggu (31/3/2019).

Bagi siswa yang nilai UNnya berhasil menduduki ranking 1 atau nilai UN tertinggi se kabupaten/kota, maka Disdikbud Kalsel akan memberikan bonus uang prestasi Rp 30 juta, rangking 2 Rp 28 juta, rangking 3 Rp 26 juta.

“Pemberian bonus prestasi ini merupakan program Kalsel Cerdas dari Disdikbud Kalsel, sesuai arahan dan kebijakan pemprov di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel,” jelas Yusuf.

Kemudian dia memaparkan, selain bonus prestasi tersebut, Disdikbud Kalsel juga mempunyai program beasiswa Rp 100 juta untuk satu orang calon mahasiswa yang berhasil masuk Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Pengguna beasiswa ini harus berasal dari keluarga yang tidak mampu.

“Setiap tahun kita bantu satu orang dengan Rp 100 juta rupiah. Jadi sekitar Rp 50 juta kami selesaikan untuk lembaga pendidikannya, Rp 50 juta sisanya bisa untuk biaya hidup yang bersangutan, dan itu kami setorkan kepada Rektor ULM. Semoga seluruh siswa bisa memanfaatkan peluang ini, sehingga bagi yang kurang mampu tidak perlu khawatir akan biaya pendidikannya,” tutupnya. (yat/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan