Siswa Kelas XI SMK-PP N Banjarbaru Ikuti Ujian Seminar Magang Perorangan

oleh -61 views
Pelaksanaan ujian seminar magang perorangan siswa Kelas XI SMK-PP Negeri Banjarbaru (foto:hmssmkpp/koranbanjar.net)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan – Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru, ikuti ujian seminar magang bagi perorangan.

Menurut Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Humas dan Industri, Slamet Riadi, ujian seminar magang perorangan dilakukan setelah sebelumnya para siswa mengikuti ujian seminar magang kelompok.

“Ujian seminar magang perorangan dilaksanakan satu hingga dua hari, tergantung guru penguji. Pelaksanaannya dimulai Senin, (8/4),” ujarnya di Banjarbaru, Selasa (9/4).

Ujian seminar magang perorangan merupakan bagian dari alur yang harus diselesaikan siswa dalam Laporan Kegiatan Magang  atau Prakerin.

Slamet Riadi yang juga tercatat sebagai Ketua Prakerin tersebut mengatakan, ujian seminar magang perorangan dilakukan untuk mengkroscek penerapan atau pencapian ilmu saat siswa magang.

“Agar siswa tidak lepas dari kegiatan yang dihadapi dilapangan. Karena saat siswa magang, mereka terbagi atas kelompok sesuai kompetensi masing-masing, sejak dimulai hingga tiga bulan pelaksanaan magang,” katanya.

Karena itulah, siswa  harus dapat bekerja secara kelompok maupun perorangan untuk mendapatkan ilmu dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).

Sementara itu Wakepsek Bidang Kurikulum, Airin Nurmarita menambahkan, ujian seminar magang perorangan dilakukan untuk memantapkan kemampuan praktik atau keterampilan yang diperoleh siswa dilokasi magang.

“Jadi dimantapkan lagi kemampuan teoritis atau pengetahuan pendukungnya serta menambah wawasan dan kemampuan, untuk mengembangkan pengetahuan dan menyelesaikan permasalahan,” ujarnya.

Para siswa diuji secara perorangan oleh  guru penguji yang hanya akan menguji satu kelompok magang yang terdiri dari empat hingga delapan siswa.

Pada ujian seminar perorangan, siswa  diuji guru penguji untuk pertanggung jawaban kegiatan magang, apakah sesuai antara laporan dengan saat praktek magang dilapangan.

Siswa harus dapat mejelaskan dan mempertanggung jawabkan laporan magang yang mereka buat pada saat diuji guru penguji, sesuai dengan kenyataan. (hmssmkpp/wd/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan