Simak Manfaat 10 Jenis Buah Ini Untuk Kesehatan Anak

oleh -95 views
Ilustrasi. (foto: internet)

KESEHATAN, koranbanjar.net – Buah-buahan memanglah penting bagi tubuh kita. Beragam buah bermacam buah, memilik manfaatnya masing-masing untuk kesehatan. Buah memiliki vitamin dan zat-zat yang diperlukan tubuh kita.

Hal itu berlaku juga kepada anak-anak. Karena, selain sehata juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita dan kesehatan meningkat. Juga, buah-buahan dapat mengurangi resiko terkena penyakit.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Dilansir dari popmama.com, beberapa buah yang bagus bagi anak untuk menjaga imunitas tubuh anak.

1.Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang sengat bersahabat dengan anak-anak, dikarenakan ia memiliki beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuhnya.

Apel kaya akan vitamin C, juga mineral. Apel juga dikenal rendah kalori (hanya terdapat sekitar 90 kalori pada apel berukuran sedang). Kandungan serat dalam apel cukup tinggi. Terdapat sekitar 5g serat pada buah apel yang belum dikupas. Ini dapat menjauhkan si Kecil dari penyakit diare dan sembelit.

Buah apel dapat diolah menjadi beragam cemilan kesukaan si Kecil. Menyajikan apel secara unik memudahkan anak memperoleh berbagai gizi baik dari buah apel.

2. Pisang

Tidak kalah dengan apel, pisang juga ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil. Buah satu ini dikenal kaya akan karbohidrat yang berguna untuk meningkatkan kekuatan otot juga sebagai sumber energi. Ini sangat cocok bagi anak mama yang selalu aktif bergerak.

Pisang kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, sistem saraf, dan untuk memproduksi energi yang dibutuhkan dalam tubuh. Tidak hanya itu, pisang juga merupakan sumber serat, vitamin C, dan potasium yang dapat membantu menjaga jantung si Kecil tetap kuat dan sehat.

Perlu diingat, pisang tidak memiliki lemak. Sehingga si Kecil bisa menikmatinya tanpa perlu takut dengan lemak yang yang berbahaya bagi tubuhnya.

3. Alpukat

Alpukat menjadi pilihan buah menyehatkan berikutnya. Pada alpukat terdapat lemak tak jenuh tunggal, yang mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol sehat. Lemak ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat yang memiliki banyak lemak sehat membuat si Kecil cepat kenyang.

Pada alpukat juga terdapat kandungan vitamin E yang mana berguna untuk menjaga sel merah di dalam darah agar tetap sehat. Secara bersamaan, ini juga membantu mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada membran yang melindungi setiap sel dalam tubuh manusia.

4. Jeruk

Buah satu ini dikenal sebagai salah satu penghasil vitamin C. Satu buah jeruk dapat mengandung kadar vitamin C yang cukup untuk jangka waktu dua hari. Jeruk juga memiliki kandungan serat dan beta karoten. Rasa manis yang dihasilkan jeruk berasal dari gula alami seperti, glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Tidak hanya buahnya, tenyata kulit jeruk juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kulit jeruk mengandung anti-oksidan yang berguna bagi pertumbuhan kulit si Kecil dan menjaganya dari radikal bebas.

Buah jeruk juga ternyata memiliki manfaat kesehatan lainnya jika dijus bersamaan dengan wotel. Campuran jus jeruk dan wortel sangat baik bagi sistem imun, juga dalam menjaga kesehatan mata.

5. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan berbagai zat yang baik bagi tubuh si Kecil. Vitamin C, serat, folat, vitamin A, kalium, tembaga dan mangan dapat kamu temukan dalam jambu biji. Antioksidan yang terdapat dalam jambu biji terbukti melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, juga membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Jambu biji juga merupakan sumber pektin lain yang bagus. Membuat jambu biji sangat  bermanfaat bagi pencernaan dan dapat membantu mencegah kanker usus besar. Kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki jambu biji juga dapat berguna sebagai antioksidan. Ini bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini juga terdapat pada daunnya.

6. Pepaya 

Pepaya merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah ini ternyata kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium, dan folat. Terdapat antioksidan likopen dalam pepaya. Ini merupakan zat anti kanker.

Melansir dari healthline.com, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pepaya dapat membantu tubuh menyerap likopen lebih baik daripada buah dan sayuran kaya likopen lainnya. Beberapa bukti lain juga mengatakan bahwa kandungan enzim papain dalam pepaya dapat meningkatkan pencernaan karena membuat protein lebih mudah dicerna.

7. Beri-berian 

Anak mama pastinya suka buah jenis buah yang satu ini. Perpaduan rasa manis asamnya akan menambah selera makan anak, apalgi jika dicampur dengan yoghurt.

Buah seperti stroberi, blueberi, cherry, dan blackberi tergolong dalam jenis buah-buahan ini. Satu cangkir beri-berian memiliki 4 gram serat, vitamin C yang tinggi, juga antioksidan seperti antosianin. Blueberi, blackberi, dan stroberi juga memiliki kandungan gula yang rendah dibandingkan buah lainnya.

Melansir dari healthbeginswithmom.com, beri-berian memiliki fungsi yang baik bagi otak si Kecil. Penelitian terbaru menyatakan bahwa ekstrak beri dapat membantu meningkatkan fungsi memori. Biji beri ternyata bermanfaat karena merupakan sumber lemak omega-3.

8. Nanas

Nanas memiliki banyak nutrisi dibandingkan dengan buah-buahan  tropis lainnya. Satu cangkir (kira-kira 237 ml) nanas mencukupi kebutuhan vitamin C pada tubuh anak. Kandungan lainnya yang terdapat pada nanas ialah bromelain, yaitu campuran enzim yang bersifat antiinflamasi dan memiliki kemampuan mencerna protein. Bromelain sendiri dapat mencegah pertumbuhan kanker juga tumor.

Buah ini juga merupakan sumber serat makanan, vitamin C, dan mineral yang disebut mangan, Mineral ini berperan penting bagi pertumbuhan tulang manusia, tulang rawan di persendian, bahkan otak.

9. Pir

Buah pir memiliki kandungan GI yang rendah. Ini membuat karbohidrat dalam pir membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga memberi si Kecil sumber energi yang lebih lama. Pir  juga mengandung serat pangan. Serat pangan sendiri merupakan serat fungsional yang perlu dikonsumsi setiap hari. Serat ini hanya didapatkan melalui makanan yang diolah dari tumbuhan.

Kandungan seperti vitamin C, beberapa vitamin E dan mineral juga ditemkan dalam pir. Buah pir juga memiliki kelebihan lain, yaitu memiliki kandungan potasium yang lebih rendah daripada buah-buahan lainnya.  Hal ini menguntungkan beberapa anak perlu mendapatkan diet rendah kalium karena masalah ginjal tertentu.

Terdapat berbagai warna buah pir, mulai dari coklat hingga hijau. Mungkin ini membuat Mama binggung, pir dengan warna apakah yang lebih kaya serat dan bermanfaat. Ternyata nilai gizi di dalamnya tidak jauh berbeda. Perbedaan mencolok hanya terdapat pada rasa. Ada beberepa warna pir yang rasanya lebih manis dari warna pir yang lainnya.

10. Delima

Buah terakhir yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh anak mama ialah buah pomegranate atau buah delima. Buah ini memang tidak setenar buah-buah lainnya yang disebutkan di atas namun tetap saja Mama tidak boleh meremehkan khasiatnya.

Pomegranate memiliki kandugan vitamin B  yang tinggi. Ini membantu mempertahankan sistem saraf dan sistem imun dalam tubuh si Kecil.

Vitamin yang terdapat dalam buah ini juga dapat menjaga otak agar tetap bersungsi secara optimal.

Kandungan folat yang tinggi pada delima membanti tubuh ketika memproduksi dan memelihara sel-sel tubuh baru.

Ada banyak buah-buahan lainnya yang juga bermanfaat bagi si Kecil. Yuk mulai sekarang kita biasakan anak mengonsumsi buah-buahan yang baik bagi tubuhnya. Ini dapat menjadi cara menjaga kesehatan yang enak dan menyegarkan. (popmama.com/Klaudius Alfon)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *