Advertorial

Siaga Hadapi Bencana, Inilah yang Dilakukan Pemkab Banjar

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET-  Kabupaten Banjar bersiap siaga menghadapi bencana banjir, longsor dan puting beliung. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya bencana tersebut pernah terjadi di Kabupaten Banjar, saat memasuki musim hujan.

Rapat Koordinasi Antisipasi, Mitigasi, Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam di Aula Barakat, belum lama tadi, Sekda Banjar Nasrunsyah mengajak seluruh komponen baik pemerintah daerah, polisi, TNI serta relawan untuk bersama-sama mengantisipasi berbagai bencana alam tersebut.

“Saya setiap hari menerima informasi dari BMKG tentang cuaca, dan sepertinya cuaca cukup mengkhawatirkan,” ujar Sekda Banjar, kala itu.

Dia berharap, dengan digelarnya rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana Pemkab Banjar berserta pihak TNI, Polri serta stakholder lainnya, bisa meminimalisasi dampak bencana alam.

BACA JUGA  Jalan Santai ala Kejaksaan Bagi 1.000 Nasi Bungkus

Sekda juga meminta BPBD Banjar untuk meningkatkan kewaspadaan. Bahkan dia juga meminta untuk mengecek peralatan apakah berfungsi dengan baik. “Biasanya hal kecil seperti kesediaan BBM kendaraan, aki mobil dan lainnya sering tidak terperhatikan. Saya minta untuk hal-hal tersebut dicek hingga ke hal yang terkecil,” ujarnya.

Sekda juga mengajak Kepala BPBD Banjar Irwan Kumar untuk memeriksa peralatan tersebut. Selain itu, penting juga setiap kecamatan serta puskesmas untuk dilengkapi dengan radio amatir, agar informasi tentang kejadian bencana bisa dengan cepat disampaikan.

Hadir Dandim 1006/Martapura Letkol Inf M Ghoffar N, Wakapolres Banjar Kompol Joseph Edward Purba, Dinas Sosial, PMI, BMKG, Polsek dan Kecamatan Se Kabupaten Banjar serta instansi terkait lain.

BACA JUGA  Siap Siaga Hadapi Bencana, BPBD Kota Banjarbaru Lakukan Simulasi

Informasi juga disampaikan Munir dari Stasiun Klimatologi Banjarbaru, tentang fluktuasi cuaca di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar.

Berdasarkan data, terdapat perbedaan antara kondisi cuaca di sejumlah kecamatan. Dia mencontohkan Kecamatan Sungai Tabuk yang pada Oktober belum masuk musim hujan, padahal daerah lainnya sudah masuk musim hujan. (MC-kominfo/sir)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close