oleh

Sertifikasi di TUK Mandiri BBPP Binuang Berakhir, Seluruh Peserta Kompeten

Sebanyak 221 orang asesi dari Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian yang merupakan penyuluh calon Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN P3K) telah selesai mengikuti sertifikasi tempat uji kompetensi di TUK (Tempat Uji Kompetensi) Mandiri Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan. Hasilnya, seluruh peserta kompeten.

TAPIN,koranbanjar.net – Kegiatan sertifikasi berlangsung selama 8 hari dari tanggal 7 sampai dengan 14 November 2020.

Peserta terbagi dalam 8 angkatan dengan rincian 136 peserta berasal dari Kalimantan Selatan sedangkan 85 peserta berasal dari Kalimantan Tengah.

Dr Ir Sunarto MP, Koordinator Asesor melaporkan disaat penutupan kegiatan Asessment bahwa 100 persen peserta yang mengikuti sertifikasi dinyatakan kompeten sebagai Penyuluh Pertanian level Fasilitator. Sabtu (14/11/2020)

Sunarto juga menyampaikan jika keberhasilan ini adalah berkat keseriusan para asesi (peserta) mengikutinya.

“1 persen kelulusan kalian ada pada para asesor tetapi 99 persennya ada pada diri kalian sendiri,” ungkap Sunarto.

TUK Mandiri BBPP Binuang sudah berhasil dan memberikan andil mengembangkan Sumber Daya Manusia Pertanian yang profesional sebanyak 4,55 persen, dari jumlah calon peserta asesi sebanyak 4855 orang di seluruh Indonesia.

Kepala BBPP Binuang Ir Yulia Asni Kurniawati MSi Kepala BBPP dalam acara penutupan sertifikasi berpesan dan mengingatkan kepada para peserta pesan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Bahwa penyuluh pertanian merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

Ia juga menambahkan selepas sertifikasi para penyuluh pertanian terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan diri untuk turut membangun pertanian di wilayah kerja masing-masing.

Yulia menambahkan agar para THL TBPP yang sudah lolos mengikuti proses sertifikasi ini dan dinyatakan kompeten maka sepantasnya agar mampu menunjukkan perubahan kinerja yang lebih baik lagi.

“Tunjukkan kepada lingkungan dan keluarga kalian, bahwa kalian layak sebagai seorang Penyuluh Pertanian,” kata Yulia.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Pelatihan dan juga perwakilan dari TUK Mandiri Binuang, Ramadhani KA SP MS menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan oleh TUK Mandiri Binuang terbagi di 3 tempat dengan jumlah peserta 409 orang.

Selain diadakan di BBPP Binuang untuk peserta wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dipusatkan di Sempaja dengan jumlah peserta 34 orang dan sudah berlangsung pada tanggal 3 dan 4 November 2020.

“Sedangkan wilayah Kalimantan Barat di pusatkan di Anjungan dengan jumlah peserta 154 orang dan saat ini sedang berlangsung”, tutup dia (cecep/bayu/bbppbinuang/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: