Serahkan 2 Ambulans Untuk Puskesmas, Bupati Harapkan Pelayanan Maksimal

oleh -99 views
Serahkan 2 Ambulan untuk Puskesmas, Bupati Harapkan Pelayanan Maksimal
Pemkab HSS serahkan dua unit mobil ambulans untuk Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang, Senin (2/9/2019) pagi usai apel gabungan. (foto: hidayat/koranbanjar.net)

KANDANGAN, koranbanjar.net Upaya memberikan pelayanan maksimal utamanya dalam hal kesehatan, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan dua unit mobil ambulans untuk Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang, Senin (2/9/2019) di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry berujar, pemberian dua buah ambulans kepada Puskesmas merupakan bentuk semangat, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dharapkannya, dengan adanya mobil operasional yang baru, pelayanan ke masyarakat bisa lebih maksimal.

“Baik dalam kegiatan rutin maupun kunjungan ke desa-desa, yang menjadi ruang lingkup puskesmas yang bersangkutan,” tuturnya.

Bupati mengimbau kepada pihak Puskesmas, yang menerima ambulans agar bisa merawat dan memelihara kendaraan operasional tersebut.

Baca juga: BPJS Kesehatan Naik, Bupati HSS: Tak Masalah Untuk Kepentingan Masyarakat

Ditambahkannya, tentu saja diakuinya dalam pengoperasionalan ambulans, Dinas Kesehatan ada SOP nya, tetapi diimbaunya agar jangan terlalu kaku.

“Kalau masyarakat sangat membutuhkan, ya sudah digunakan tidak masalah. Ambulan ada SOP nya itu betul, tapi dalam hal tertentu bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Fikry mengatakan, sangat bersyukur bangunan Puskesmas di HSS sekarang rata-rata sudah sangat representatif, sehingga perlu diiringi dengan fasilitas, salah satunya sarana ambulans.

“Puskesmas perlu didukung SDM, peralatan dan sarana serta prasarana. Untuk itu Pemkab HSS melalui Dinas terkait akan melengkapinya, karena Puskesmas adalah pelayanan dasar kesehatan yang terdepan,” tuturnya.

Ia mengaku sudah mengarahkan kepala Dinas Kesehatan untuk melihat lagi Puskesmas mana yang ambulansnya belum terlalu bagus. Nantinya, secara bertahap akan dianggarkan.

“Untuk ambulans yang telah diserahkan, dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), karena untuk ambulans diperkenankan dari DAK,” ujarnya. (yat/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan