oleh

Senam Massal Dan Jalan Santai, Pemkot Banjarmasin Libatkan Disabilitas

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Masih dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 tingkat Kota Banjarmasin, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banjarmasin mengadakan senam massal dan jalan santai di depan Balai Kota Banjarmasin, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan ini diikuti seluruh SKPD Pemko Banjarmasin serta 50 puluh penyandang disabilitas. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, selain Haornas, kegiatan ini juga rangkaian Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke-493, yang digelar sejak September hingga akhir november.

“Sangat istimewa karena diikuti puluhan kawan-kawan penyandang disabilitas,” ujar Ibnu Sina.

Kadispora Banjarmasin Taufik Rifani menerangkan, kegiatan Haornas di Banjarmasin pada September 2019 lalu, puncaknya tanggal 8 melaksanakan Gowes nusantara.

“Jadi Gowes Nusantara tidak hanya diikuti oleh seluruh peserta warga Banjarmasin saja, tapi se Kalsel, kemudian seluruh Indonesia karena ada peserta dari Aceh, ada juga dari Papua, dan dari daerah lain dan diikuti peserta difabel untuk pertama kalinya,” ujarnya.

Lanjut ia menerangkan, kegiatan bersama Pemko dan Kemenpora menyelenggarakan Gowes Nusantara dilakukan di seluruh indonesia. Namun, kegiatan di Banjarmasin dinyatakan sebagai kegiatan terbesar dan terbanyak dari jumlah peserta maupun kegiatannya sendiri.

“Alhamdulillah sekali, kemudian juga ada beberapa event yang dilaksanakan seperti lomba olahraga tradisional dan menjadi andalan orang Banua seperti balogo, bagasing, tari baras kuning, ada bakiak, serta yang ramai kemarin antara SKPD ada tarik tambang,” terangnya.

Dikatakan, diakhir September atau awal Desember akan ada kegiatan lomba jukung internasional diselenggarakan di Sungai Martapura, dan juga dalam rangkaian Haornas dan hari jadi Kota Banjarmasin.

Ia mengharapkan, dari semua rangkaian kegiatan ini memberikan antusias, serta optimisme untuk kota Banjarmasin meraih prestasi tidak di tingkat nasional saja, namun internasional.

“Karena bagaimanapun juga atlet kita sudah berkiprah di dunia olahraga internasional, termasuk hari ini mereka juara ranking 15 dunia untuk olahraga barongsai bidang olahraga tradisional,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini juga ditampilkan beberapa pertunjukan senam tradisional seperti baras kuning, japin Banjar serta senam terbaru ampar-ampar pisang. (ags/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan