oleh

Semrawut, Masuk Pasar Pembeli Diimbau Parkir Kendaraan

KANDANGAN, koranbanjar.net – PKL Pasar Subuh Kandangan sudah dipindahkan, namun tetap saja banyak pembeli yang masuk lokasi pasar tanpa memarkirkan kendaraannya di tempatnya, sehingga lalu-lintas jual-beli terlihat semrawut.

Sejak Selasa (10/9/2019), PKL subuh resmi menempati Pasar Rakyat Jalan H M Yusi Kandangan, tepatnya di belakang terminal bus. Oleh Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS), masyarakat disediakan tempat yang lebih layak melakukan transaksi jual-beli bahan makanan dan lainnya.

Salah satu tujuannya, penataan serta pembinaan PKL agar berjualan lebih modern, dari berjualan informal ke formal. Pembeli juga diharapkan lebih sadar, dengan memarkir kendaraan di tempatnya saat masuk pasar.

Namun, hari pertama pasar pindah masih banyak pembeli yang masuk lokasi pasar dengan kendaraan roda dua nya, sebagian mereka membeli dengan posisi masih di atas motornya, sehingga lalu-lintas pasar sedikit terganggu.

Seorang pedagang berharap dengan pindah ke pasar yang lebih modern, pembeli juga dengan kesediaannya memarkir kendaraan.

“Meski belanjaannya sedikit, biarlah korbankan tenaga berjalan kaki sedikit dan uang bayar parkir dua ribu rupiah, demi kelancaran pasar,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten HSS Gusti Achmad Ruduan mengatakan, dengan penataan pasar juga seharusnya pembeli juga harus lebih dewasa.

Menurutnya, seharusnya ada kesadaran dari masyarakat bahwa setiap masuk pasar, harus memarkir kendaraannya di tempat yang disediakan, tidak ada lagi cara tradisional yang membeli sambil di kendaraan. Terlebih, untuk biaya parikir hanya 2 ribu rupiah saja.

“Itulah mindset yang dimiliki masyarakat saat ini, yang akan kita coba ubah,” ucapnya.

Tetapi diakuinya, hal itu akan diupayakan untuk memberikan sosialisasi dan fasilitas kepada masyarakat secara bertahap. Sebab fokus utama memindahkan PKL yang selama ini mengganggu ketertiban jalanan di sekitar Pasar Los Batu Kandangan.

Selain itu, juga sudah disediakan lahan parkir untuk kendaraan. Meski saat ini masih belum tertata dan terlihat tidak mencukupi, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan HSS. (yat/dra)

Komentar

Berita Terkini