Selama Ramadan, “Si Gamis Hijau” Bertausiah dan Mendongeng di Alun-alun

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Meski sedang menjalani ibadah puasa, Gerakan Menanam Hari Kamis (Gamis) Hijau oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar tetap dilaksanakan.

Bahkan, Gamis Hijau yang diadakan rutin setiap minggu pada hari Kamis itu, di hari pertama bulan Ramadan ini dilaksanakan berbeda dari Gamis Hijau sebelumnya.

Apabila di hari biasa sebelum bulan Ramadan Gamis Hijau dilakukan dengan penanaman pohon di beberapa tempat di wilayah di Kabupaten Banjar setiap hari Kamis,  dalam suasana ramadan kali ini, kegiatan Gamis Hijau yang dilaksanakan di Alun-alun Ratu Zaleha Martapura Kabupaten Banjar dengan tema Gamis Hijau Ramadhan ini diisi dengan acara tausiah dan bercerita dongeng untuk anak-anak, Kamis (17/5)

“Gamis Hijau kali ini diisi dengan acara bercerita dongeng anak dan tausiah untuk mensosialisasikan dan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan kepada anak-anak dan orang dewasa di wilayah Kabupaten Banjar,” Ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar, Noormansyah.

Dinyatakan Normansyah, kegiatan Gamis Hijau tetap akan terus dilaksanakan rutin setiap hari kamis meski dalam bulan Ramadan.

“Kita terus laksanakan. Kalau biasanya kita melaksanakan Gamis Hijau ini dengan menanam pohon dan tumbuhan lainnya, di bulan Ramadan ini kita melaksanakan Gamis Hijau Ramadan dengan tausiah dan mendongeng mengenai kebersihan,” katanya.

Pun begitu, antusias warga terutama anak-anak dalam kegiatan Gamis Hijau Ramadan ini tetap sangat besar.

“Kita juga memberikan pertanyaan kepada anak-anak, siapa yang bisa menjawab pertanyaan tersebut maka kita berikan hadiah. Gamis Hijau Ramadan ini Insya Allah akan selalu kita laksanakan setiap hari Kamis pukul 07.00 WITA selama Ramadan di Alun-alun Ratu Zaleha Martapura,” jelas Noormansyah. (sai/dny)