Baznas

Sekumpul Canangkan Kampung Eco Religi

  • Bagikan

SEKUMPUL – Kelurahan-Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Martapura kini terus berlomba dan berbenah untuk membangun kampung-kampung yang bisa menjadi landmark positif. Salah satunya adalah Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura yang mulai mencanangkan sebuah Kampung Eco Religi. Kampung ini akan dibangun dengan konsep, kampung bebas sampah dan kampung bebas narkoba.

“Kami menginginkan Kelurahan Sekumpul menjadi Kampung Eco Religi, kampung yang bebas sampah dan bebas narkoba yang berbasis keluarga. Saat ini kami sedangkan sarana dan prasana. Pertama, kami sedang membuat stiker yang berisi imbauan dan nomor telepon penting seperti babinsa dan babinkantibmas. Stiker akan kami pasang di rumah-rumah penduduk,” demikian diutarakan Lurah
Sekumpul Gusti Marhusin kepada Koran Banjar, belum lama ini.

Nah, dengan adanya nomor telepon babinsa dan babinkantibmas di stiker tersebut, sehingga bila masyarakat mendapati hal-hal yang mengganggu ketertiban dan keamanan, masyarakat dapat langsung menghubungi. “Selama ini terkadang masyarakat cukup kesulitan menghubungi pihak-pihak yang
berwenang dengan cepat. Kalau ada stiker yang mencantumkan nomor telepon,
maka dapat dilaporkan segera atau ditangani,” jelasnya.

Dia menambahkan, Kampung Eco Religi ini intinya memiliki beberapa konsep, antara lain, soal keamaan dan ketertiban. Pokoknya memiliki unsur lingkungan dengan suasana religius.
Disinggung soal konsep bebas sampah, sekarang pihaknya baru mempersiapkan sarana dan prasaran. Ke depan, Kelurahan Sekumpul dapat menjadi pioneer kampung wajib pilah sampah, organik dan non organik.

“Kita sudah memiliki kawasan pilot project. Tahun ini masih menggunakan swadaya, untuk itu sangat dibutuhkan partisipasi semua pihak, termasuk peran swasta. “Kalau peran masyarakat pastinya sangat diharapkan. Supaya kawasan ini bisa menjadi contoh untuk kampung lainnya,” ujar Marhusin.

Sementara ini untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan Kelurahan Sekumpul, pihaknya rutin berkoordinasi dengan babinsa dan babinkantibmas, terutama malam-malam dilangsungkannya pengajian di Komplek Ar Raudha Sekumpul. (sir)

  • Bagikan