MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Bangunan Sekolah dan Asrama Santri Ponpes Ar Raudhah Memprihatinkan

HST, KORANBANJAR.NET – Pondok pesantren (ponpes) Ar Raudhah, yang berada di Desa Tilahan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), saat ini mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan.

Kondisi memprihatinkan ini juga diperparah dengan atap asrama para santri yang sudah mengalami kerusakan, sehingga setiap hujan turun, air hujan selalu tembus ke dalam asrama sampai membasahi tempat tidur para santri.

Diketahui, Ponpes Ar Raudhah ini didirikan oleh seorang warga setempat, Kasim, pada tahun 2015 lalu, dengan dana pribadi.

Diceritakan Kasim kepada koranbanjar.net, sebelumnya dulu, pernah ada bantuan dari suatu instansi untuk merenovasi bangunan Ponpes Ar Raudhah. Bantuan yang telah diberikan berupa pengadaan keramik, pasir, semen dan bahan material lainnya. Namun, Kasim mengatakan, semua bantuan bahan-bahan material tersebut tidak cukup untuk merenovasi keselurahan bangunan ponpes.

“Bantuan yang diberikan kemarin hanya untuk pembangunan sebuah musala saja agar bisa memfasilitassi para siswa beribadah, sedangkan untuk asrama dan lokal belajar, masih kekurangan dana,” kata Kasim kepada koranbanjar.net, Minggu (14/10) sore kemarin.

Dilanjutkannya, sebelumnya juga ada pihak yang menjanjikan ingin memberikan bantuan untuk merenovasi Ponpes Ar Raudhah, namun hingga sekarang tidak terealisasi.

Menyikapi hal itu, Azwan, dari dari salah satu perkumpulan pemuda Hulu Sungai, berjanji akan melakukan penggalangan dan untuk membantu merenovasi bangunan Ponpes Ar Raudhah.

Azwan beralasan, bantuan penggalangan dana yang akan dilakukan pihaknya tersebut karena mengingat Ponpes Ar Raudhah merupakan salah satu ponpes yang menjadi kebanggan di Desa Tilahan.

“Melalui pesantren juga, anak-anak yang menuntut ilmu agama Islam bisa membawa pulang pelajaran yang telah mereka dapat ke kampung halamannya masing-masing,” ujar Azwan kepada koranbanjar.net. (ami/dny)