oleh

SANTRI JUGA TURUT BERJUANG

MARTAPURA – Serangkaian dengan momen Hari Santri Nasional, Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar sejumlah kegiatan keagamaan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalekha Martapura, Minggu (22/10) tadi.

Bupati Banjar H Khalilurrahman saat membuka kegiatan mengatakan,  peran santri cukup besar turut berjuang atau berjihad dalam merebut Kemerdekaan RI.

Dia berharap,  para santri punya jiwa yang mandiri,  tidak takut pergi jauh dari rumahnya untuk menuntut ilmu setinggi mungkin.

“Hari santri ini mengingatkan kita akan peran santri yang turut berjuang atau berjihad dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.  Saya juga berharap,  kepada seluruh santri di Kabupaten Banjar,  agar menanamkan jiwa yang mandiri,  dan jangan takut belajar ke negeri yang jauh dalam menuntut ilmu,” ujarnya

Bupati Banjar juga mengatakan,  di momen Hari Santri Nasional,  semoga bisa membangkitkan semangat para santri untuk berprestasi membangun negara  dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hal senada juga di sampaikan Sekretaris Daerah (Sekda). Ia merasa sangat bangga dengan hari santri,  karena memposisikan para santri bukan hanya untuk Islam,  tapi juga berperan di bidang ekonomi,  pendidikan,  dan kesehatan.

Perayaan Hari Santri Nasional 2017, panitia menggelar beberapa perlombaan yang bernuansa Islami,  di antaranya,  lomba MTQ,  pameran seluruh pesantren yang ada di Kabupaten Banjar, Festival Syair Maulid, Bhakti Sosial,  Kirab Santri,  Musyabaqoh Tilawatil Qutub,  Musyabaqoh Khotmil Qur’an / Kaligrafi.(sai)

Dari Rubrik Pilihan: