oleh

Sangat Kreatif, Eceng Gondok Disulap jadi Produk Ini….

BANJAR – Kreatifitas warga Desa Cabi, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar kini mulai menunjukan eksitensinya. Dengan bahan mentah eceng gondok (ilung), warga setempat berhasil membuat sendal.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (BumDesa) Cabi, Utomo menuturkan, kini warga Desa Cabi mulai memproduksi sendal jepit berbahankan eceng gondok. Hasil produksi warga mulai menghiasi pasar-pasar tertentu.

“Kita coba bikin sendal jepit berbahan eceng gondok, tergabung dalam anggota BumDes mereka kini muli memproduksi berbagai macam keterampilan tangan,” ujar Utomo saat ditemui koranbanjar.net, belum lama tadi.

Utomo juga mengatakan, untuk mencari bahan bakunya tidak-lah sulit, karena di desanya sangat mudah ditemui tanaman eceng gondok, dan proses pembuatannya pun sangat  mudah.

“Di wilayah kita banyak tanaman eceng gondok, untuk proses pembuatannya sangat mudah. Pertama kita ambil dulu eceng gondok dari sawah-sawah, setelah itu kita bersihkan, kalau udah bersih, tinggal kita jemur sampai kering, biasanya kalau cuacanya bagus, paling satu minggu udah bisa diproduksi, tergantung cuacanya aja,” ungkapnya

Sementara untuk kendalanya, Utomo mengatakan hanya di bagian pemasaran. “Untuk kendala hanya di bagian pemasaran, dan semoga pihak pemerintah dapat memberikan solusi untuk itu” ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Sekda banjar H Nasrunsyah mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung upaya warga untuk memajukan perekonomian di wilayahnya.

“Nanti kita minta pihak terkait, untuk mencarikan jalan agar produktivitas warga dapat tersalurkan. Kita akan selalu dukung,” ujarnya.(sai)

Dari Rubrik Pilihan: