oleh

Saluran Irigasi Bakal Diperpanjang

GAMBUT, KORANBANJAR.NET – Kabar gembira bagi para petani di Kabupaten Banjar, khususnya di Kecamatan Gambut. Karena, Berupaya lebih meningkatkan produksi pertanian, terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar adalah berencana memperpanjang saluran irigasi Riam Kanan hingga ke Kecamatan Gambut. Hal itu telah pula disosialisasikan masyarakat.

Sosialisasi terkait rencana pembangunan irigasi, disampaikan waktu lalu di Balai Desa Tambak Sirang Darat, Kecamatan Gambut, yakni Senin (13/5/2019).

Pembangunan saluran tambahan irigasi Riam Kanan bakal melalui dua desa di Kecamatan Gambut yakni Desa Tambak Sirang Darat dan Desa Tambak Sirang Laut.

Konsultasi publik dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar beserta Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar kepada aparatur desa serta masyarakat pemilik lahan pada kedua desa.

Tim Persiapan Kegiatan pembangunan saluran irigasi yang berhadir memberikan penjelasan, yakni Kepala Bidang Sumber Daya Alam Dinas PUPR Banjar Rahmadi,

Kepala Bidang Fisik Prasarana Bappelitbangda H. Syuhadak dan Kasi Pengadaan Tanah dan Pengurusan Batas Tanah, Ronni.

Juga hadir Sekretaris Camat Gambut H. Sirajuddin Ali, Kasi Pemerintahan Yuriansyah, Kanit Binmas Polsek Gambut Khairullah serta pembakal dan warga dari Desa Tambak Sirang Darat dan Desa Tambak Sirang Laut.
Pada acara ini dibuka seluas-luasnya tanya jawab antara tim dengan warga pemilik tanah.

“Tujuan dari pembangunan jaringan irigasi ini adalah untuk menambah peningkatan produksi padi kita di Kabupaten Banjar,” ujar Syuhadak.

Ditempat yang sama, Rahmadi dari Dinas PUPR Kabupaten Banjar menjelaskan secara jelas terkait persiapan pembangunan irigasi, mulai dari perencanaan jaringan dan menentukan titik jalur yang dilalui.

“Setelah itu kita akan meminta persetujuan dari pemilik lahan, pengkajian selanjutnya baru dilakukan pembangunan,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terkini