Rumah Asap Cair Segera Dibangun Di Bintang Ara

oleh -106 views
Rumah Asap Cair Segera Dibangun Di Bintang Ara
RPH Tabalong berkoordinasi membangun rumah asap karet di Panaan. (Foto: ist/koranbanjar.net)

TANJUNG – Rumah Asap Cair akan dibangun di Desa Burum Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Kepastian pembangunannya ini setelah terjadi koordinasi dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong melalui Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Panaan dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Sumbaga Desa Burum, Senin (23/9/2019) tadi.

Hasil koordinasi itu sebagaimana dikutip koranbanjar.net melalui Dinas Kehutanan Kalsel, disebutkan pembangunan rumah peralatan asap cair merupakan swadaya KTH Sumbaga, sedangkan peralatan asap cair dibantu Dinas Kehutanan Kalsel dengan biaya berasal dari anggaran tahun 2019.

Rumah asap cair adalah tempat pengolahan  penggumpal dan pencegah bau busuk lateks atau getah karet. Sebab, masalah pengolahan karet ditentukan oleh mutu bahan olahan karet alias bokar dengan nilai rendah dan berbau busuk.

Rendahnya mutu bokar karena bahan pembeku lateks yang tidak dianjurkan dan merendamnya di kolam atau sungai sekitar 7 sampai 14 hari. Sehingga, ini memunculkan bakteri perusak antioksidan alami bokar menjadi bau busuk.

Mencegah bau busuk menyengat, diperlukan rumah asap cair atau tempat pengasapan lateks. Selain menghilangkan, mengurangi atau menetralkan bau busuk, dapat juga membekukan lateks secara sempurna, nilai plastisitas tinggi, sifat fisik vulkanisat setara, dengan kata lain teknologi asap cair lebih baik dari pembeku lain.

Di mana rencana pembangunan rumah asap cair? Kesepakatan bersama antara KTH Sumbaga Desa Burum dengan Dinas Kehutanan Kalsel, lokasi bangunan rumah peralatan asap cair berada pada titik koordinat -1.92221 115.43663, di atas lahan milik ketua KTH Sumbaga.

Pelaksanaan pembangunan rumah asap cair ditargetkan sudah selesai dalam waktu 10 hari. Selanjutnya, bila peralatan rumah asap cair telah datang maka dapat dilakukan pemasangan instalasi oleh teknisi.

Keuntungan lain dari keberadaan rumah asap cair pembeku karet, diutarakan Ketua RPH Panaan, Aus menyebutkan, hal itu dapat meningkatkan K3 (kadar karet kering). “Diharapkan ini dapat meningkatkan harga jual karet, apalagi asap cair berbahan ramah lingkungan dan salah satu bahan anjuran pembeku karet,” imbuhnya.

Mayoritas pekerjaan warga Burum, adalah petani karet. “Besar harapan kami, adanya rumah asap cair  meningkatkan pendapatan masyarakat di dalam dan di luar kawasan hutan,” katanya. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan