MTQ Nasional Kalsel

RSUD Ratu Zalekha Ujicobakan Inovasi Paperless untuk Kurangi Penggunaan Kertas

MARTAPURA – Isu kerusakan lingkungan tentu sudah tidak asing terdengar di telinga. Mulai dari isu Global Warming, musibah pada ekosistem, perubahan suhu secara ekstrim dan meningkatnya permukaan air laut. Sehingga berbagai lapisan masyarakat dan pemerintahan ikut serta mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Salah satu pencegahan tersebut adalah dengan melaksanakan gerakan Go Green dengan Paperless atau mengurangi pemakaian kertas.

Plt Direktur Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura Eko Subiyanto saat ditemui koranbanjar.net mengatakan,  RSUD Ratu Zalecha Martapura sebagai Rumah Sakit type B rujukan regional Kalimantan Selatan dan terakreditasi paripurna sedang melaksanakan inovasi paperless seperti pendaftaran online dan aplikasi lainnya yang masih dalam tahap ujicoba.

“Sekarang sedang diujicobakan software-software yang dilaksanakan tim IT kami dan tentunya salah satu terobosan mudah-mudahan paperless ini sangat bermanfaat untuk mengurangi waktu tunggu yang digunakan pasien,” ujar Eko

Dalam penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit rekam medis selama ini menggunakan kertas dan memerlukan ruangan yang besar. Dengan melaksanakan gerakan Go-Green ini, rekam medis tidak lagi menggunakan kertas melainkan dengan menggunakan alat elektronik, penyimpanan data menjadi lebih mudah dan tanpa terbatas jumlah, pencarian data menjadi lebih cepat dan menghemat jutaan lembar kertas.(sai)