oleh

RSD Idaman Banjarbaru Berlakukan Parkir Pola Otomatis

BANJARBARU, koranbanjar.net – Jika kebanyakan tempat parkir begitu pula perparkiran rumah sakit beberapa daerah di Kalsel, masih menggunakan pola lama untuk masuk dan keluar kendaraan bermotor, maka RSD Idaman Kota Banjarbaru memiliki sistem parkir dengan pola otomatis.

Selain menghindari pungutan liar karena pembayaran parkir tercatat, pola itu ternyata memudahkan petugas parkir di kawasan rumah sakit terbesar ini mengawasi kendaraan bermotor yang terparkir maupun memberikan rasa aman dan kenyamanan pemakai kendaraan bermotor untuk parkir di tempat tersedia.

Sistem parkir menggunakan barrier gate atau palang pintu pada pintu masuk dan keluar, juga memakai sistem parkir mekanisme otomatis, sistem software palang pintu masuk dan pintu keluar juga server petugas admin. Pengendara akan menekan tombol parkir di pintu masuk.

Bilamana keluar maka pengendara menyerahkan tiket parkir kepada petugas di pintu keluar atau operator penerima tiket, lantas memasukkannya ke dalam system software untuk menghitung jumlah lama waktu dan biaya parkir. Kemudian, barrier atau palang terbuka otomotis.

Berapa tiket parkir di RSD Idaman? Kendaraan bermotor roda dua pada jam pertama Rp2.000 dan jam berikutnya ditambah Rp500. Sedan, pikap, mini bus dan sejenisnya Rp3.000 dan jam berikutnya Rp1.000. Sedangkan bus, truk dan sejenisnya untuk jam pertama Rp3.000 setelah itu jam berikutnya ditambahkan Rp2.000.

Bagaimana kalau pengunjung akan inapkan kendaraan bermotornya? Plang di dekat pintu masuk keluar secara jelas mencantumkan, kendaraan bermotor roda dua diberlakukan tarif parkir Rp5.000 dan roda empat Rp10.000. Kemudian, ada pula tempat khusus penitipan helm dan kawasan parkir dilengkapi kamera pengintai atau CCTV (closed circuit television).

Hal menarik adalah fungsi sosial kemasyarakatan yang berlangsung yakni pasien yang tidak mampu membayar biaya parkir, maka pihak RSD Idaman memberikan kelonggaran dan perhatian, tidak dipungut biaya parkir alias digratiskan.

Kabag Tata Usaha RSD Idaman Kota Banjarbaru M Firmansyah mengemukakan, sistem parkir otomotis yang juga terhubungkan ke server software digunakan bertujuan memberikan pelayanan keamanan kendaraan bermotor dan kenyamanan bagi pengunjung. “Ini bagian dari peningkatan pelayanan dan kemudahan pengunjung,” katanya. (dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: