oleh

Riza Dauly: Banyak Manfaat Gemar Makan Ikan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Gemar mengkonsumsi ikan akan banyak manfaat diperoleh. Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perikanan (Diskan) kian gencar sosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), bahkan untuk anak usia dini pun tidak ketinggalan.

Kali ini, Diskan Banjar melakukan sosialisasi Gemarikan di TK Pertiwi, Martapura, Kabupaten Banjar.

Menurut Kadiskan, Riza Dauly, bahwa kesadaran untuk memakan ikan harus dimulai dari anak-anak.

“Kegemaran makan ikan harus dimulai dari kecil, sehingga nantinya akan tercipta masyarakat Kabupaten Banjar yang cerdas, kuat dan sehat,” tuturnya, Senin (16/3/2020).

Ia juga menjelaskan, selain mengandung protein, ikan mengandung omega 3 sangat bagus untuk anak, karena dapat meningkatkan kecerdasan serta dapat menekan angka stunting.

“Kabupaten Banjar sendiri memiliki kekayaan alam berupa hasil ikan baik laut maupun sungai. Jadi harus dimanfaatkan dengan sebaiknya,” ucap Riza.

Kadiskan berharap, pada tahun 2020 angka konsumsi ikan akan meningkat menjadi 56 Kilogram per-kapita dalam satu tahun agar menjadi kondisi yang ideal.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan, ikan sangat besar manfaat, diantaranya meringankan gejala radang sendi, menjaga stabilitas kolestrol dan membantu perkembangan mata, otak dan jaringan saraf.

“Apabila dari kecil sudah senang makan ikan maka nantinya insyallah akan sehat. Mudah-mudahan anak-anak kita menjadi anak yang sehat dan cerdas,” pungkas Istri Bupati Banjar. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan