AdvertorialKota Banjarbaru

Ririen: Tanam TOGA Dengan Rasa Cinta

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Pekarangan rumah yang tidak ada tanamannya dan gersang, sudah seharusnya dimanfaatkan untuk ditanami tanaman hias, buah dan TOGA. Saat ini tanaman obat mulai banyak dilirik masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Adanya TOGA di pekarangan rumah tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit, sebagai bumbu pelengkap masakan maupun untuk menambah nilai estetika tersendiri jika ditanam dengan tertata rapi.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyarankan tentang penting pekarangan diisi dengan Tanaman Obat Keluarga karena budidayanya cukup mudah.

“Menanam tanaman obat di pekarangan juga membantu dalam penghijauan karena sama seperti tanaman lainnya yang dapat menyumbang oksigen sehingga lingkungan menjadi segar dan asri. Kita juga harus menanam dengan rasa cinta karena dengan rasa cinta tentunya tamanan yang kita pelihara dapat terawat dengan baik,” katanya saat membuka Bimbingan Teknis TOGA (Tanaman Obat Keluarga) untuk masyarakat Banjarbaru di Sekretariat TP PKK Kota Banjarbaru Jalan Taman Gembira Barat Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan.

BACA JUGA  Hanya Banjarbaru Kota yang Meraih Penghargaan Nata Mukti Nindya

Ririen berharap kepada Pokja III TP PKK Kelurahan dan Pokja IV TP PKK Kecamatan se Kota Banjarbaru yang menjadi peserta Bimbingan Teknis Toga kali ini dapat berbagi ilmu dengan tetangga di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

“Bahwa sangat penting kita menanam Toga di pekarangan kita. Selain bermanfaat bagi kesehatan juga bisa menghijaukan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita,” ucapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah SP MT menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis Toga merupakan implementasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dalam rangka pengembangan intensifikasi tanaman hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru tahun 2018.

BACA JUGA  Masjid Jami Al Mubarakah, Menjadi Tujuan Pertama Safari Ramadan Pemko Banjarbaru

“Pekarangan rumah sudah seharusnya dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan, baik itu tanaman hias, tanaman buah dan tidak ketinggalan adalah Tanaman Obat Keluarga (TOGA),” sebutnya.

Sebagai narasumber dalam Bimtek Pemanfaatan Toga ini dihadirkan Dra Sri Iryawati. (maf/humaspemkobjb)


Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close