oleh

Ribuan Personil Diturunkan Untuk Keamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul

MARTAPURA, koranbanjar.net – Ribuan personil menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan haul ke-15 Guru Sekumpul, dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha, Selasa (25/2/2020).

Apel dipimpin Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Aneka Pristafuddin. Ribuan personel terdiri Polri, TNI-AD, PLN, Dishub, Satpol PP, Damkar, Banser NU, relawan kesehatan dan sebagainya.

Selain itu, dalam apel juga ditampilkan puluhan kendaraan roda dua hingga mobil water cannon yang akan digunakan dalam pengamanan haul terbesar di Kalimantan Selatan ini.

Mewakili Kapolda Kalsel, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Aneka Pristafuddin dalam sambutannya menyampaikan, apel ini bertujuan mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana dalam keamanan haul.

“Diharapkan kita semua sadar bahwa pengamanan ini adalah tanggung jawab besar, sebagai tuan rumah mesti memberikan pelayanan yang terbaik,” ucap Wakapolda Kalsel.

Ia menambahkan, dalam pengamanan harus tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas, ikhlas dan penuh tanggung jawab, serta selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat,” tambah Wakapolda Kalsel.

Pelaksanaan pengamanan sendiri dimulai pada 29 Februari – 2 Maret 2020, melibatkan ribuan personel yang terdiri dari 845 personel Polres Banjar, 400 personel TNI, 550 personel Satpol PP dan Damkar, 150 personel Dishub, 1100 personel Dinkes, 175 personel PLN, 25 personel BPBD dan 20 personel Senkom serta 25 ribu relawan petugas haul.

“Polda Kalsel sendiri memberikan bantuan sebanyak 1052 personel, terdiri atas 560 personel Polda Kalsel, 220 personel Polresta Banjarmasin, 275 personel Polres Banjarbaru, 25 personel Polres Batola, 72 personel Polres Tanah Laut, 60 personel Polres Tapin dan 60 personel Polres HSS,” imbuh Brigjen Pol. Aneka Pristafuddin.

Ucapan terima kasih mengalir dari Bupati Banjar KH Khalillurrahman, atas pengamanan yang diberikan oleh Polda Kalsel untuk haul ke-15 Guru Sekumpul.

“Ini adalah bentuk kesiapan aparat keamanan menyikapi tamu akan datang yang jumlahnya bukan main, diperkirakan hampir 2 juta, karena itu memerlukan pengamanan ekstra,” tutup Bupati Banjar. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: