Religi  

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Datu Taniran ke 162

Jamaah yang berada di ruang induk Masjid As Sa,adah saat menghadiri haulan Datu Taniran ke 162. (Foto : M.Ramli/koranbanjar.net)

Haul datu Taniran atau Syekh Muhammad Thayyib atau H.Sa,duddin atau yang lebih akrab di sapa dengan nama Datu Taniran Kandangan, dilaksanakan Sabtu (3/9/2022) bertepatan dengan 6 Shafar 1444 Hijriah, berpusat di Masjid As-Sa’dah, dihadiri ribuan jamaah.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net Ribuan jamaah hadiri haul Datu Taniran yang ke 162, di Desa Taniran Kubah, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Haulan yang dihadiri oleh zuriat Datu Taniran tersebut, dilaksanakan berpusat di Masjid As Sa,dah di samping Makam Datu Taniran.

Muhammad Noor menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak, baik itu relawan maupun warga yang membantu peringatan Haul Datu Taniran tersebut.

“Kami ucapkan juga terimakasih kepada masyarakat yang masih mengingat dengan datu kami dan bisa menghadiri haul yang ke 162 ini,” ujarnya.

Ditambahkannya pula peringatan Haul Datu Tanirab ke 162 ini, bisa menjadi keberkahan bagi Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Menjadi penyemangat bagi kita semua untuk selalu mengamalkan ajaran Rasulullah SAW yang juga dibawakan oleh datuk Taniran,” Harapnya.

Datu Taniran bernama asli Tuan Guru H Muhammad Thaib atau Syekh H Sa’duddin. Dia merupakan salah satu zuriat dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan.

Datu Taniran lahir di Dalam Pagar, Martapura, sekitar tahun 1774 Masehi atau tahun 1194 Hijriah, dan meninggal 5 Shafar 1278 Hijriah atau, 1858 Masehi yang dimakamkan di Taniran dan terkenal dengan sebutan Kubah Taniran.

Tepat pada 5 Shafar 1278 Hijriah atau 1858 Masehi, Datu Taniran berpulang ke rahmatullah, dan dimakamkan di Desa Taniran.

(mdr/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *