BNN

Respon Cepat Kerukunan Pemadam HSS, Kebakaran Bisa Diminimalisir

- Tak Berkategori
  • Bagikan

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Hulu Sungai Selatan (HSS), Nur Abdi Kesuma Jaya mengapresiasi respon cepat kerukunan pemadam dari BPK dan PMK di Kabupaten HSS, Sabtu (1/4/2021).

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Menurutnya, koordinasi dan komunikasi antara seluruh pemadam, pemerintah maupun swasta berjalan dengan baik.

Sehingga kebakaran pada Jumat, 30 April 2021 sore kemarin sekitar pukul 18.00 Wita bisa diminimalisir dengan waktu kurang lebih 15 menit.

“Alhamdulillah kebakaran sore kemarin dapat cepat diatasi, tidak meluas dan hanya menimbulkan kerusakan ringan,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) HSS, Iwan Friady melalui Kabid Damkar, Nur Abdi.

Kebakaran pada rumah lantai dua di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Sumber foto : untuk koranbanjar.net)
Kebakaran pada rumah lantai dua di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Sumber foto : untuk koranbanjar.net)

Amukan jago merah tersebut mengakibatkan satu buah rumah pada bagian lantai dua di Desa Baluti RT 03 Kecamatan Kandangan atau di samping Jembatan Lok Lua terbakar.

Namun beradasarkan observasi Dinas Satpol-PP dan Damkar HSS pada tempat kejadian, kerusakan diklasifikasikan sebagai rusak ringan saja.

“Ini semua karena kerukunan kita bergerak cepat, sehingga rumah milik Dahlia usia 60 tahun dan Tarawiah usia 58 tahun tidak habis hangus terbakar,” ungkapnya.

Dalam laporannya, dipastikan juga tidak ada upaya melakukan pengungsian karena rumah tidak berpenghuni.

Mengenai penyebab pasti kebakaran, Nur Abdi Kesuma Jaya belum bisa mengungkapkan karena masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Tetapi saat kejadian, diketahui satu orang penonton pingsan dan langsung dirujuk menuju fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

“Satu orang pingsan, penyebabnya tidak diketahui. Sudah dirujuk ke faskes,” ungkapnya.

Mewakili Damkar Kabupaten HSS, Nur Abdi mengucapkan terima kasih kepada relawan, Kerukunan BPK, BPBD, Tagana, TNI-Polri beserta jajarannya yang telah membantu mencegah api membesar.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu,” tandasnya. (syn/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 5 =