oleh

Reses 11 Anggota DPR RI Dapil Kalsel Diminta Temui Kaum Buruh

Aliansi Pekerja Buruh Banua(PBB) meminta kepada 11 anggota DPR RI daerah pemilihan(Dapil) Kalimantan Selatan yang saat ini sedang reses, agar menemui dan mendengarkan keluhan kaum buruh di Kalsel.

BANJARMASIN, koranbanjar.net –
Hal ini disampaikan Biro Hukum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesi( KSPSI), Sumarlan lewat orasinya pada aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja(Omnibus Law) dihadiri kurang lebih 1.500 .buruh se -Kalimantan Selatan, Kamis (22/10/2020) di depan gedung DPRD Kalsel Banjarmasin.

“Kami sebenarnya memohon kepada 11 anggota DPR RI yang saat ini reses untuk menemui kami berdialog dan ayolah sampaikan pendapat kami,” pintanya dengan tegas.

Ia pun menyindir keberadaan 11 anggota DPR RI perwakilan Kalsel ini tak ada satupun duduk di Komisi IX yang menangani bidang perburuhan.

Faktanya, 11 fraksi tidak pernah terlibat apalagi mendekat kepada pihaknya. Sehingga para wakil rakyat itu tidak tahu apa keluhan kaum buruh.

Senada dengan Sumarlan, Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia(FSPMI) Kalsel Yoyoen Indharto mengatakan pihak buruh meminta suara mereka ini didengar oleh 11 anggota DPR RI perwakilan Kalsel di Senayan untuk disampaikan ke pusat.

“Kami meminta 11 anggota DPR RI itu mendengarkan suara para buruh di daerah dan menyampaikannya ke pemerintah pusat terkait penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja,” terang Yoyoen.

Dirinya juga menegaskan perjuangan mereka ini untuk kepentingan buruh dan anak cucu dimasa yang akan datang.

Karena lanjutnya, tuntutan kaum buruh yang meminta Presiden membatalkan UU Omnibus Law Cipta Kerja dengan hanya dengan mengeluarkan Perppu.

Kemudian pihaknya menolak upah murah serta memaksa pemerintah dan legislatif bersama-sama menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Sementara itu Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menegaskan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi apa yang disampaikan Aliansi Pekerja Buruh Banua Kalimantan Selatan.

“Saya sebagai Ketua DPRD Kalsel mengapresiasi apa yang disampaikan kaum buruh,” ucapnya melalui pengeras suara saat berdiri bersama para petinggi aliansi buruh.

Bahkan sebelimnya diakui Supian, pihaknya telah menyampaikan kepada DPR RI, “tu adalah ranahnya kami,” imbuhnya usai menemui massa buruh yang menggelar aksi.

Ia juga berkomitmen akan mengundang 11 anggota DPR RI dari dapil Kalsel dan menghadirkan mereka dimasa reses ini.

Politisi Golkar ini berjanji tandatangani tuntutan sampai hari Selasa dan Rabu untuk menghadirkan anggota dewan yang masih reses

“Jika gagal menghadirkan mereka, maka akan difasilitasi perwakilan ke pusat,” pungkasnya. (yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: