oleh

Rektor ULM: Eksploitasi Alam Secara Berlebihan Adalah Bentuk Korupsi

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Prof. Sutarto Hadi menegaskan, eksploitasi sumber daya alam (SDA) salah satu bentuk korupsi.

Hal itu ia ungkapkannya usai menghadiri acara Korupsi di Sektor Sumber Daya Alam dengan tema Evaluasi Gerakan Nasional Penelamatan SDA, di Aula Rektorat ULM Banjarmasin, Kamis (17/10/2019).

“Eksploitasi sumber daya alam dan meninggalkan kerusakan yang besar, ini termasuk korupsi di sektor SDA,” katanya kepada koranbanjar.net

Ia menjelaskan, eksploitasi SDA di Kalimantan Selatan salah satunya dipicu oleh ekploitasi SDA yang tidak terkendali.

“Yang tidak terkendali inilah yang perlu kita cermati, seperti kata pak Laode M syarif, banyak di antara usaha pertambangan ini yang illegal, tidak nemiliki izin, dan dokumen yang jelas, sehingga pengawasan terhadap eksploitasi tidak berlangsung baik,” bebernya.

Dampak dari eksploitasi sumber daya alam secara berlabihan bagi masyarakat luas dan alam sekitar, terjadinya perubahan iklim, kerusakan lingkungan, banjir, dan sebagainya.

“Sudah saatnya kita hentikan ini semua, perguruan tinggi dengan bantuan KPK bersinergi mengatasi persoalan ini demi kemashalatan masyarakat Kalimantan Selatan dan umumnya masyarakat Indonesia,” pungkas Rektor ULM Banjarmasin menentang ekploitasi alam yang melanggar aturan. (mj-28/dra)

Komentar

Berita Terkini