Kalsel  

Rekam Jejak Mantan Kapolres Banjar, Takdir Mattanete yang Kini Menjabat Dirpolair Polda Kalsel

AKBP Takdir Matanette. (foto: ist)
AKBP Takdir Matanette. (foto: ist)

Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Polairud Polda Kalimantan Selatan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo menggantikan Kombes Nyoman Budiarja, rekam jejak AKBP Takdir Mattanete di instansi kepolisian tak lagi perlu diragukan.

BANJARMASIN, koranbanjar.net- Jika menoleh ke belakang, perwira yang dikenal dengan sapaan Nette Boy itu bukanlah orang baru di lingkup Polda Kalimantan Selatan.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 tersebut malang melintang di wilayah hukum Polda Kalsel dengan sejumlah jabatan strategis yang pernah diduduki. Di antaranya menjabat sebagai Kapolres Banjar, Martapura.

Dari sana, tak sedikit inovasi kreatif yang berhasil di ukir pria kelahiran Bugis-Makassar itu. Salah satu prestasi ia ukir adalah Program Kami Bina Anak Menjadi Pintar (Kabinaktar) yang sempat meraih apresiasi dari Ketua KPAI dan Menteri P3A.

Prestasi lain yang pernah melambungkan nama AKBP Takdir Mattanete adalah pada saat acara puncak Milenial Road Safety Festival (MRSF) di kantor Gubernuran Banjarbaru, Kalimantan Selatan medio 2019 silam.

Pada gelaran keselamatan berlalulintas yang dihadiri ratusan ribu kaum millenial itu, AKBP Takdir Mattanete bersama Kasat Lantas AKP Indra Agung Perdana Putra diganjar dua penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dan LEPRID (Lembaga Prestasi Rekor Indonesia – Dunia).

Tak hanya kariernya yang kian moncer seiring rekam jejaknya pada Institusi Polri, lulusan Akpol 1998 itu juga dikenal sebagai sosok yang humanis dan tegas.

Hal ini dibuktikan kala ia menginstruksikan anggotanya untuk menembak pelaku kejahatan yang melawan saat hendak diamankan.

“Silakan tembak pelaku kejahatan yang melawan saat hendak ditangkap. Jangan sampai nyawa kalian terancam, jadi tembak saja penjahat yang berusaha melawan,” ucap eks Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya itu beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan, bahwa dirinya bertanggung jawab penuh apabila anggotanya menembak pelaku kejahatan sehingga diharapkan tidak ada anggota yang ragu-ragu untuk menembak penjahat.

Dekat Ulama

Sejumlah tokoh agama kharismatik di Martapura mengaku terkesan dengan sosok AKBP Takdir Mattanete yang dinilai dekat dengan alim ulama di Kota Serambi Makkah.

“Alhamdulilah Pak Takdir saat menjabat Kapolres Banjar sangat bersahaja dan merangkul ulama dalam tugasnya. Kami doakan beliau senantiasa sukses di mana pun bertugas,” ucap salah satu tokoh agama tersohor di Martapura, Kabupaten Banjar, yakni KH Wildan Salman.

Menurut Pemimpin Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al Quran Martapura ini, sosok Takdir telah berhasil menjaga hubungan harmonis semua unsur di masyarakat.(ags/sir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *