oleh

Ratusan Warga Tatah Bangkal Gelar Ritual Tolak Bala

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Ratusan warga kampung Tatah Bangkal, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan, Selasa (17/9/2019) malam, melakukan ritual tolak bala agar kampung mereka terhindar dari musibah dan hal yang tidak diinginkan.

Ritual dilakukan dengan membaca tahlil, zikir, dan selawat burdah sambil berjalan berkeliling kampung dari Musala Al Hijrah di Komplek Perumahan Suaka Permata Indah, Jalan Tatah Bangkal Luar, menuju jalan tol Lingkar Selatan. Ritual berlangsung sekitar dua jam.

Penasihat hukum Musala Al Hijrah, Andi Muhammad Yusran, usai kegiatan mengatakan kepada koranbanjar.net, ritual tolak bala pada Selasa malam itu sudah yang kedua kalinya mereka laksanakan.

“Salah satu tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiah antar warga komplek dengan masyarakat kampung Tatah Bangkal,” ujarnya.

Dia menyebut kegiatan tolak bala diikuti hampir lima ratus orang. “Mereka yang ikut dari kalangan orang tua, dewasa hingga anak-anak,” jelasnya.

Selawat dan zikir yang dilafalkan, lanjut Andi, merupakan permohonan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari bala bencana dan musibah. Terlebih saat musim kemarau seperti saat ini.

“Semoga doa kami diijabah dan kampung kami selalu dalam lindungan Allah SWT, sehingga aman dan tentram,” harapnya.

Pantauan koranbanjar.net, usai berkeliling kampung, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. (yon/dny)

Komentar

Berita Terkini