Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Desa Bincau

oleh -484 views
BERMAIN AIR – Banjir di Desa Bincau Muara dimanfaatkan sejumlah anak untuk wahana bermain. (Foto: mj-032/koranbanjar.net)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Ratusan rumah warga terdampak banjir dari luapan sungai di Desa Bincau Muara, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019).

Selain berdampak pada terendamnya rumah warga, banjir juga mengakibatkan akses jalan desa menjadi terhambat.

Menurut Sekretaris Desa Bincau Muara, Gusti Jadri, banjir di Desa Bincau Muara sudah berangsur selama tiga hari.

“Setelah kami melakukan survey, diperkirakan ada sekitar 352 rumah warga yang terkena dampak banjir. Kedalaman air setinggi 25 smapai 100 cm, bahkan sekolah yang berada di desa kami pada hari ini terpaksa harus diliburkan,” ujar Jadri, saat ditemui koranbanjar.net  hari ini, Kamis (24/1/2019), di Kantor Desa Bincau Muara.

Salah satu pengendara motor sedang menerobos banjir. (Foto: mj-032/koranbanjar.net)

Ia menyatakan, sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah maupun instansi terkait terhadap warga korban banjir di desanya.

“Mungkin karena ini merupakan banjir tahunan, jadi sudah tak menjadi perhatian pemerintah,” keluhnya.

Namun, menurutnya, pihaknya ada mendengar informasi bahwa hari ini pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar akan melakukan pemeriksaan gratis kepada warga yang terdampak banjir tersebut.

“Kami mendapat kabar hari ini katanya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga yang terdampak banjir sebagai langkah awal tanggap darurat,” tuturnya seraya berharap agar banjir di desanya akan segera surut.

Dari pantauan koranbanjar.net langsung, sejumlah kendaraan terpaksa memutar arah karena tidak berani melewati genangan air. Namun tak sedikit para pengendara yang nekat menerobos banjir. (mj-032/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan