Ramadan di Balangan, BPOM HSU Intensifikasi Pengawasan Produk Makanan

- Tak Berkategori
  • Bagikan

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Hulu Sungai Utara, terus bekerja dalam melindungi masyarakat dengan melakukan intensifikasi pengawasan produk makanan,khususnya selama bulan Ramadan dan Idul Fitri di Kabupaten Balangan, Rabu (14/4/2021).

BALANGAN,koranbanjar.net – Kepala Badan POM Hulu Sungai Utara Bambang Hery Purwanto, mengatakan, pengambilan dan pengujian sample terhadap sejumlah makanan yang banyak dijual pada bulan Ramadan ini, tentunya untuk memastikan bahwa pangan tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

Selain pengambilan sample, Badan POM HSU juga mengintesifikasi selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan melakukan pemeriksaan di toko maupun lapak yang berjualan.

“Di toko-toko makanan kita melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak adanya pangan ilegal, dan pangan kadaluarsa yang dijual oleh toko-toko ritel,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, apabila ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, untuk melakukan pembinaan terhadap toko maupun lapak agar tidak lagi menjual produk tersebut.

Dengan ini Bambang menambahkan pihaknya juga meminta para pelaku usaha untuk mematuhi aturan dan melakukan pengawasan internal terkait kualitas produknya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat sebagai konsumen memiliki kesadaran dan kewaspadaan untuk memilih produk yang aman.

Adapun untuk target intensifikasi ini sendiri difokuskan pada pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) antara lain pangan tanpa izin edar/ilegal, kadaluwarsa, serta jajanan berbuka puasa atau takjil yang mengandung bahan berbahaya. (MC Balangan/Nanda)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *