Raih Juara 1 Geospasial Banua Award, Tabalong Wakili Kalsel di Ajang Geospasial Tingkat Nasional

Wakil Bupati Tabalong menerima penghargaan Juara 1 Geospasial Banua Award 2022 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin pada hari Jum'at (23/9/2022). (foto : Prokopim Tabalong)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong kembali mengukir prestasi. Kali ini predikat Juara 1 Geospasial Banua Award 2022 berhasil di dapat.

TABALONG, koranbanjar.net Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Tabalong, Mawardi di Hotel Rattan Inn Banjarmasin pada hari Jum’at (23/9/2022).

Usai menerima penghargaan, Mawardi mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras SKPD terkait sehingga prestasi tertinggi Geospasial Banua Award tahun 2022 bisa didapat.

Ia menyebutkan bahwa dukungan Bupati dan Wakil Bupati terhadap terlaksananya Geospasial di Kabupaten Tabalong.

“Karena data yang dihasilkan akan memberi manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Mawardi mengharapkan, terpilihnya Pemkab Tabalong mewakili Provinsi Kalsel dalam penghargaan Geospasial tingkat Nasional akan mengulang prestasi di tingkat Provinsi.

“Harus berusaha maksimal agar hasilnya juga optimal,” pesannya.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong Noor Rifani mengamini, harapan dari Wabup Tabalong melalui mematangkan data dan peningkatan kapasitas SDM serta meningkatkan kolaborasi dengan seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Rifani juga memberikan bocoran beberapa terobosan yang sudah dilakukan sehingga sukses meraih hasil maksimal dalam Geospasial Banua Awar Tahun 2022.

“Yaitu Memastikan bahwa perencanaan benar2 menggunakan data geospasial seperti titik koordinat, RDTR serta titik koordinat, membangun Kolaborasi seluruh SKPD, serta membangun kerjasama dengan BIG dalam pengumpulan peta-peta dasar serta menyiapkan Server mandiri,” ungkapnya.

Selanjutnya setelah terpilih menjadi juara 1 dalam Geospasial Banua Award tahun 2022, Pemkab Tabalong akan mewakili Provinsi Kalsel dalam Ajang Geospasial Nasional atau yang dikenal dengan Bhumandhala Award.

Diketahui event yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan ini menjadi yang pertama di Indonesia dengan harapan mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota dan SKPD Di Provinsi Kalimantan Selatan untuk meningkatkan pelaksanaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial dan Satu Data.

Gubernur Kalimantan Selatan, yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel, H Nurul Fajar Desira dalam sambutannya mengharapkan simpul jaringan Informasi Geospasial dapat diaplikasikan dalam penyusunan perencanaan berbasis kewilayahan yang efektif dan efisien.

“Kepada Pemkab/Kota yang belum berhasil meraih ini dapat terus meningkatkan kinerjanya,” harap Gubernur melalui H Nurul Fajar Desira.

(anb/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *