oleh

Putri Pariwisata Kalsel Mengemban Amanah Promosikan Wisata

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2019 berlangsung meriah. Ajang yang digelar Dinas Parawisata Provinsi Kalsel ini mencari 3 terbaik putri se-Kalsel, yang diharapkan dapat melaju ke tingkat nasional hingga internasional.

Digelar di Ballroom Himalaya Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) Banjarmasin, Selasa (26/6/19) malam. 19 Finalis perwakilan dari 13 daerah se-Kalsel berlaga.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Dahnial Kifli berharap dengan terpilihnya Putri Pariwisata Kalsel 2019, nantinya bisa mencari bibit-bibit bisa ditingkatkan lagi ke level internasional. Selain itu dapat lebih mengenalkan pariwisata yang ada di Kalimantan Selatan.

“Putri Pariwisata 2019 nantinya akan mengawal para wisatawan yang datang untuk memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Kalsel. Mudah-mudahan memberikan yang terbaik bagi Kalimantan Selatan,” ucap Dahnial.

Dia memaparkan, seorang putri pariwisata harus memiliki 5 B yaitu Brain, Beauty, Behaviour, Believe, Brave. Mereka juga harus mampu menarik minat dan motivasi para generasi milenial tentang kepariwisataan.

Bagi Putri Parawisata yang belum berkesempatan menang, ia berharap agar terus mendukung, serta mempromosikan pariwisata yang ada di Kalsel. Kemudian untuk yang terpilih agar meningkatkan lagi kemampuan khususnya, seperti bahasa asing, agar bisa mempromosikan pariwisata Kalimantan Selatan ke mancanegara.

“Acuan dasar kepariwisataan berbasis budaya. Hendaknya dilakukan dengan tradisi bangsa, secara proporsional kedudukannya sebagai ciptaan Tuhan, ini dapat menjadi landasan pariwisata yang berkelanjutan bagi sektor pemerintah, swasta, harus terjalin dengan solid sehingga dapat membantu pariwisata Kalsel berjalan dengan baik,” paparnya.

Sementara Wakil Direktur lV Politeknik Banjarmasin, Rizwan Yunida mengungkapkan rasa syukur karena telah mendapatkan kesempatan bisa bekerjasama dalam penyelenggaraan Pemilihan Putri Pariwisata Kalsel 2019 oleh Dinas Pariwisata Kalsel.

“Syukur Alhamdulillah Politeknik Banjarmasin kembali mendapat kepercayaan dari Dinas Pariwisata untuk menyelenggarakan kegiatan pemilihan putri pariwisata Kalimantan Selatan 2019,” ucapnya

Rizwan berharap dengan terpilihnya Putri Pariwisata Kalsel 2019, bisa memadukan seni kreatif, ekonomi kreatif yang sudah terkenal di Indonesia, seperti flora dan fauna, seperti bekantan yang hanya ada di Kalimantan Selatan, kuliner khas Kalsel, dan batik Sasirangan.

“Saya yakin dengan adanya kolaborasi baik dari Pemerintah Daerah kalsel, dan sudah melalui kajian dari akademisi, bukan tidak mungkin pariwisata di Kalsel menjadi destinasi unggulan di Indonesia,” ujarnya.

Dengan menggali potensi anak muda di Kalsel, tambah Rizwan, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa untuk mencintai pariwisata di Kalsel.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi dan terpilih 19 Finalis Putri Pariwisata Kalsel 2019, dari perwakilan Masing-masing Kabupaten atau Kota, Sementara itu, Sejumlah 14 peserta digugurkan pada Grand Final dan terpilih 5 hingga 3 Besar.

Hasil Grand Final Putri Pariwisata Kalsel 2019 yang terpilih hingga masuk 3 Besar yaitu: Arraudah Qurratu Ainne dari Kabupaten Tabalong 1, Nurul Hikmah dari Tanah Bumbu 2, dan Nor Winda Hasanah dari Kabupaten Tabalong 2. Sedangkan hasil pemenangnya akan diumumkan pada Rabu malam di Kiram Park Kabupaten Banjar. (ags/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: