Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Pulihkan Pasca Banjir, BPBD Balangan Agendakan Penyerahan BSPR

  • Bagikan
FGD melalui aplikasi zoom meeting diikuti Plt Kalak BPBD Balangan, Selasa (31/8/2021). (Foto: Fitri/koranbanjar.net)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan agendakan penyerahan BSPR atau Bantuan Stimulan Perbaikan Rumah. Apalagi, bencana banjir masih menjadi ancaman bagi wilayah di Kalimantan Selatan, terutama di Kabupaten Balangan.

BALANGAN,koranbanjar.net – Bencana banjir terjadi beberapa waktu yang lalu hingga kini masih terus dilakukan pemulihan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten.

Upaya pemulihan pasca bencana banjir tersebut, BPBD Kalimantan Selatan dan Nations Development Programme (UNDP) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) tentang Finalisasi Rencana Pemulihan Dini Data Terdampak Banjir, Selasa (31/8/2021).

BPBD Balangan ikut langsung dalam kegiatan forum tersebut melalui aplikasi zoom metting yang langsung dihadiri oleh Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Balangan H Rahmi.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmi menyampaikan, memang sebagian besar wilayah di Kabupaten Balangan mengalami banjir, dan banjir kemarin cukup besar sehingga banyak berdampak terhadap rumah warga dan fasilitas publik.

“Alhamdulillah tidak separah yang terjadi di Kabupaten HST, namun tetap meninggalkan sejumlah dampak,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Rahmi, terkait pemulihan dampak bencana banjir ini terutama di Balangan, BPBD terus berkordinasi dengan pemda, provinsi dan pusat.

Hingga akhirnya Kabupaten Balangan termasuk daerah yang mendapatkan  BSPR pasca banjir dari BNPB.

Ditegaskannya, bahwa saat ini bantuan tersebut sebagai upaya untuk pemulihan pasca banjir tinggal diserahkan langsung ke masyarakat yang terdampak banjir secara simbolis.

“Tinggal penyerahan simbolis saja lagi dari Bupati Balangan, insya Allah dalam waktu dekat ini akan kami agendakan, sambil kami sosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Penyerahan simbolis ini sempat tertunda beberapa kali dikarenakan Kabupaten Balangan masuk dalam level 3 terkait kasus covid-19. (mj-42/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *