oleh

PT Sebuku Group Siapkan Dana Rp700 M Untuk Infrastruktur Di Kotabaru

KOTABARU, koranbanajar.net- PT Sebuku Group siap merealisasikan kompensasi tambang batu baranya di Kabupaten Kotabaru sebesar Rp700 miliar.

Dana akan digelontorkan produsen batu bara ini untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di Kotabaru.

Bahkan belakangan ini kompetensi pertambangan itu tertuang dalam kesepakatan antara pihak perusahaan dengan Pemerintah Daerah Kotabaru pada 2010 dan diperbaharuai pada 2014 lalu.

Saat ini untuk kejelasan realisasi janji perusahaan kembali diungkap saat rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Kotabaru, yang langsung dipimpin Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Senin (16/3/2020).

Dalam rapat itu, Site Manager PT Sebuku Tanjung Coal (STC), Yohan Gessong mengatakan Sebuku Group siap melaksanakan kompensasi tambang sebesar Rp700 miliar.

“Sesuai arahan pimpinan kami. Sebuku Group siap melaksanakan kompensasi itu,” katanya.

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis sendiri terlihat berkenan dengan kesepakatan dana kompensasi itu. Bahkan perubahan isi dalam dokumen kompensasi, yang berisi pengalihan dana kompensasi untuk pembangunan jembatan penghubung daratan Pulau Laut.

“Dana jembatan itu dialihkan untuk pembangunan infrastruktur lainnya di Kotabaru, namun demikian untuk melangkah selanjutnya perlu adanya perpanjangan kesepakatan atau MoU kompensasi tambang,” jelasnya kepada awak media.

Dia juga mengatakan, MoU itu tertuang batas waktu. Sehingga perlu secepatnya dilakukan perpanjangan, dan harus diperpanjang karena berisi batasan waktu pada September 2020 ini akan berakhir untuk itu harus di perpanjang terlebih dahulu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad, yang turun hadir dalam rapat mengakui, kompensasi sempat direalisasikan pihak Sebuku Group untuk pengembangan kawasan Siring Laut.

“Intinya, nanti kita hitung berapa sisa kompensasi yang harus dilaksanakan Sebuku Group. Karena, semua ada data laporan hibanya di BPKAD,” imbuhnya. (cah/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: