Kalsel  

Provinsi Kalimantan Selatan Tuan Rumah Rakornas ke 15 Komisi Informasi se-Indonesia

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 10-13 Juni 2024 mendatang. (Sumber Foto: Kominfo Kalsel/koranbanjar.net)

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 10-13 Juni 2024 mendatang.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Berbagai persiapan hampir rampung dilakukan oleh panitia daerah untuk menyambut dan mengisi rangkaian pelaksanaan Rakornis KI tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan panitia daerah sangat antusias menyambut rakernas ini.

Berbagai persiapan pun dimatangkan mulai dari penyambutan, publikasi, dan kegiatan kearifan lokal lainnya yang melibatkan partisipasi masyarakat banyak.

“Sesuai dengan keinginan Gubernur Kalsel Paman Birin yang sangat mendukung kegiatan ini, kitapun siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta yang hadir, apalagi Kalsel terkenal dengan keramahtamahannya” kata Muslim, Banjarbaru, Jumat (7/6/2024).

Pelaksanan Rakonas KI ini juga sebagai media untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang keseriusan Pemerintah Provinsi Kalsel terhadap keterbukaan informasi publik, khususnya yang berkaitan dengan kinerja pemerintah daerah.

Sejumlah kegiatan pun telah disiapkan panitia daerah untuk mengisi rangkian Rakornas KI tersebut seperti seminar nasional, rapat organisasi, city tour ke sejumlah geosite geopark, dan kegiatan menarik lainnya yang melibatkan masyarakat.

“Sebagai tuan rumah yang baik kita juga akan mengadakan gala dinner untuk mempererat keakraban, sesuai dengan keinginan dari Paman Birin” tuturnya.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia dilaksanakan pada tanggal 10-13 Juni 2024 mendatang di Kalsel. (Sumber Foto: Kominfo Kalsel/koranbanjar.net)

Dalam mendukung keterbukan informasi, Diskominfo Kalsel terus mengoptimalkan perannya sebagai Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) utama di Provinsi Kalsel.

“Salah satunya dengan memperkuat koordinasi dengan semua entitas di lingkungan Pemprov Kalsel baik SKPD dan UPTD pelayan publik untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan berkaitan pelayanan publik kepada masyarakat” ucapnya.

Pelaksanaan Rakornas KI ini juga menjadi motivasi bagi Pemerintah Provinsi Kalsel untuk meningkatkan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Provinisi Kalsel yang saat masuk dalam kategori menuju informatif menjadi daerah informatif.

Kita, sambungnya,  akan terus tingkatkan peranan KI untuk mengudkasi masyarakat terhadap keterbukaan informasi ini.

“Rakornas ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukan keseriusan kita terhadap keterbukaan informasi. Dengan berbagai upaya yang kita lakukan ini, Insyaallah Provinsi Kalsel bisa menjadi daerah yang informatif,” katanya.

Sementara itu, Ketua KI Provinsi Kalsel, Nawang Wijayati mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung kesuksesan pelaksan Rakornas KI ke-15.

“Kami siap menjadi tuan rumah dan mendukung suksesnnya pelaksanaan Rakornas ini sesuai dengan harapan Gubernur kita Paman Birin untuk terus Bergerak. Bahkan beberapa hari terkahir ini kami sibuk melakukan follow up kedatangan para peserta” ujar Nawang.

Dijadwalkan, sejumlah pembicara nasional akan hadir, di antaranya Ketua Kadin, Ketua PWI, Menkopolhukam serta dari Kementerian Pariwisata dan Komisi I DPR RI.

“Semoga pelaksanaan Rakornas ini membawa aura positif bagi seluruh pihak, khsusunya masyarakat banua,” tukasnya. (kominfo kalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *